Pimpinan Nigeria dan Negara Tetangga Bahas Boko Haram

Pimpinan Nigeria dan Negara Tetangga Bahas Boko Haram

kelompok Pemberontak, Boko Haram

Abuja- Para pimpinan militer Nigeria dan negara-negara tetangganya bertemu pada Rabu (10/6/2015) WIB untuk membuat rencana-rencana menghadapi Boko Haram, sementara Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengambil langkah-langkah awal yang bertujuan mengalahkan para militan itu.

Para kepala staf pertahanan dari Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun dan seorang perwira tinggi dari Benin mengadakan pembicaraan di Abuja untuk menentukan strategi-strategi bagi pasukan baru regional yang didukung Uni Afrika melawan para pemberontak tersebut.

Pertemuan itu "membahas sikap bersama kami untuk bekerja sama untuk menghentikan ancaman yang menjadi masalah regional dan global", kata Kepala Staf Pertahanan Nigeria Alex Badeh pada pembukaan pembicaraan itu.

"Jika ada waktu untuk kita mengangkat satu suara terlepas dari perbedaan-perbedaan yang ada di antara kita, inilah saatnya sekarang untuk berbicara," kata dia.

Gugus Tugas Bersama Multinasional yang sudah lama ditunggu-tuunggu itu dan diperkirakan mulai beroperasi November, mempunyai kantor pusat N'Djamena, ibu kota Chad. Seorang perwira senior Nigeria akan mengawasinya.

Sementara itu, pasukan dari Nigeria, Chad, Niger dan Kamerun telah bertempur melawan pemberontak Boko Haram di timurlaut Nigeria selama beberapa bulan dan mengklaim mencapai keberhasilan-keberhasilan.

Militer Nigeria mengumumkan pada Senin malam bahwa pertemuan para kepala staf pertahanan diadakan sebagai persiapan pembicaraan pada Kamis antara para kepala negara dan pemerintahan semua lima negara itu.

Buhari, mantan seorang jenderal angkatan darat, telah menjadi presiden Nigeria sejak 29 Mei dan membuat diakhirinya pemberontakan Boko Haram selama enam tahun menjadi prioritas bagi pemerintahannya.

Dia segera mengumumkan pengalihan pusat komando militer dari Abuja ke kota strategis Maiduguri, benteng pemberontak di bagian timur laut, dan mengunjungi Niger dan Chad untuk menekankan berlanjutnya kerja sama. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:perang,