Unpad Tawarkan Moeldoko Jadi Dosen Fisip

Unpad Tawarkan Moeldoko Jadi Dosen Fisip

Bandung - Universitas Padjajaran (Unpad) menawarkan Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk menjadi dosen di Unpad. Moeldoko yang akan habis masa jabatannya itu ditawari untuk menjadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Program Studi Keamanan.
 
Rektor Unpad Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad mengatakan, penawaran untuk mengajar di Unpad karena Jenderal bintang empat itu mempunyai basik, untuk mengajar soal keamanan di Fisip Prodi Keamanan. Apalagi,  Prodi Keamanan diakuinya menjadi salah satu prodi satu-satunya yang ada di Indonesia. Bagi Unpad, penunjukan seorang panglima merupakan hal yang baru dilakukan.

"Dalam konteks pendidikan tinggi, ada interdependensi. Kita tidak mungkin bisa bangun mutu tanpa adanya keterkaitan dengan  berbagai pihak. Termasuk memanfaatkan resource, dan beliau itu resource yang luar biasa. Beliau pasti mumpuni jika ditempatkan di sana (prodi keamanan)," ujarnya usai mengikuti kuliah umum Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Rabu (10/6/2016).

Tri mengatakan, nantinya Moeldoko bukan hanya sebagai dosen tamu tetapi akan diminta untuk menjadi dosen tetap di Unpad. Apalagi, jika menjadi dosen di Unpad, bisa membangun konektifitas antara Unpad dan jajaran TNI. "Apalagi beliau nanti pada masa purnabakti, itu sangat terbuka untuk mengangkat beliau jadi dosen tetap di sini. Bahkan terbuka kemungkinan untuk jadi guru besar. Apalagi track record beliau sebagai doktor, dengan banyak memberikan kuliah, tinggal nanti didorong lebih kuat," katanya. 

Panglima TNI yang akan habis masa tugasnya tahun ini, bisa mulai mengajar pada tahun akademik baru yakni 18 Agustus 2015 mendatang. Mendapati tawaran menjadi dosen di Unpad, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku profesi mengajar bukan hal yang pertama kali ia lakukan. "Kalau ngasih kuliah sih sering, tapi jadi dosen tetap belum," ujar Moeldoko. 

Moeldoko mengakui, sebentar lagi ia akan memasuki masa purnabaktinya sebagai Panglima TNI. Moeldoko mengakui akan melakukan berbagai aktifitas untuk menghabiskan masa luangnya, yang salah satunya dengan berbisnis. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,