Cegah Banjir, Tiga Sungai di Rancaekek Diperlebar

Cegah Banjir, Tiga Sungai di Rancaekek Diperlebar

Ilustrasi Pelebaran Sungai.

Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung berencana memperlebar tiga sungai di kawasan Kecamatan Rancaekek sebagai upaya mencegah banjir akibat luapan sungai yang seringkali merendam permukiman penduduk pada musim hujan.

"Pemerintah Kabupaten Bandung akan melakukan pelebaran ke tiga sungai di wilayah Rancaekek yaitu Cimande, Cikeruh dan Cikijing," kata Camat Rancaekek Haris Taofik kepada wartawan, Rabu (10/6/2015).

Ia menuturkan, pelebaran tiga sungai itu membutuhkan lahan sehingga pemerintah sedang berupaya membebaskan lahan warga yang terkena dampak pelebaran sungai.

Pihaknya sudah meminta kepada warga untuk menjual tanah areal persawahan dan rumah dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Saat ini sedang dilakukan negosiasi harga antara pemilik lahan dengan pemerintah," katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengalami kendala dalam pembebasan lahan, yaitu warga ingin menjual tanahnya lebih tinggi dari harga yang ditetapkan pemerintah.

"Sudah ada flapon harga untuk setiap status lahan milik warga, namun warga meminta harga diatas flapon, itu salahsatu kendalanya, makanya proyek lanjutan perluasan tiga sungai tersendat," katanya.

Namun keinginan harga tinggi itu, kata dia, hanya sebagian warga, banyak juga warga yang rela menjual tanahnya dan mendukung rencana pelebaran sungai untuk penanggulangan banjir.

"Banyak juga warga yang mendukung perluasan sungai tersebut, karena nantinya akan terbebas dari banjir tahunan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,