Kekerasan Anak Meningkat Capai 21 Juta Kasus

Kekerasan Anak Meningkat Capai 21 Juta Kasus

Kekerasan Anak Meningkat Capai 21 Juta Kasus

Jakarta  -  Sedikitnya tercatat 21.689.797 kasus kekerasan telah menimpa anak-anak Indonesia, dalam kurun empat tahun terakhir ini.

"Kondisi darurat itu diperkuat dengan fakta dan data pengaduan kekerasan terhadap anak yang diterima menunjukkan, jumlah pengaduan pelanggaran hak anak terus meluas dan meningkat," kata Ketua Komisi Nasional Anak (Komnas Anak) Arist Merdeka Sirait, di Jakarta, Kamis (223/10).

Menurutnya, berdasarkan data dan laporan yang diterima dalam empat tahun terakhir (2010 hingga 2014), sebanyak 21.689.797 kasus tersebut terjadi di 34 provinsi dan 179 kabupaten/kota.

"Sebanyak 42 hingga 58 persen dari pelanggaran hak anak tersebut merupakan kejahatan seksual. Selebihnya kekerasan fisik, penelantaran, penculikan, eksploitasi ekonomi, perdagangan anak untuk eksploitasi seksual komersial serta kasus perebutan anak," katanya.

Ia mengatakan, untuk menyikapi Indonesia darurat kejahatan seksual terhadap anak dan gerakan nasional menentang kejahatan seksual terhadap anak, yang dicanangkan Presiden RI melalui Inpres Nomor 5 Tahun 2014 dan RUU revisi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Komnas PA sebagai lembaga di bidang promosi dan perlindungan anak di Indonesia mengajak peran, keterlibatan masyarakat untuk menggalang aksi koalisi masyarakat menentang segala bentuk eksploitasi, penelantaran, penganiayaan, kekerasan terhadap anak," ujarnya.(Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,