Ratusan Rumah Terendam Banjir di Padang

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Padang

Simpang Ampek - Ratusan rumah terendam banjir setinggi paha orang dewasa di dua kecamatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) akibat tingginya curah hujan sejak Kamis (11/6).

Informasi di lapangan, selain rumah sejumlah lahan pertanian juga terendam air akibat meluapnya sejumlah sungai di daerah itu.

Banjir itu terjadi di tiga kejorongan (lurah) dan dua Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat sejak Jumat (12/6/2015) pagi akibat meluapnya Sungai Batang Aji.

Banjir terjadi di Jorong Kasiak Putih merendam 10 unit rumah, dan satu musalla, di Jorong Air Haji rumah terandam 25 unit, dan gedung SMPN 1 Sungai Aur.

Kemudian di Jorong Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang jalan terputus, penghubung Sungai Aur dan Ujung Gading, rumah terendam lebih dari 100 unit.

Sedangkan lahan pertanian kelapa sawit dan sawah warga diperkirakan ratusan hektar terendam.

Kepala Jorong Kasiak Putih Kecamatan Sungai Aur, Admad Batubara ketika dikonfirmasi , Jumat (12/6) membenarkan banjir tersebut, saat ini warga sedang melakukan evakuasi.

"Benar, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan. Selain di jorong tempat saya tinggal dua ada lagi di dua kejorongan lagi. Ratusan rumah terandam akibat banjir di tiga , Kejorongan tersebut,"jelasnya.

Menurutnya banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pasaman Barat sejak Kamis (11/6) siang hingga saat ini. Sehingga mengakibatkan banjir bandang.

Informasi dilapangan hingga saat ini t ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Secara terpisah Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Toto Fajar Prasetyo melalui Kepala Satuan Intelkam, AKP Muzhendra membenarkan genangan air merendam rumah warga akibat curah hujan yang tinggi.

"Saat ini sejumlah anggota juga sudah turun kelapangan untuk membantu warga. Sejumlah peralatan seperti perahu karet juga telah diturunkan,"katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,