Yunani Terancam Bangkrut

Yunani Terancam Bangkrut

Athena - Yunani perlu meraih kesepakatan dengan para kreditornya Uni Eropa-IMF dalam pertemuan zona euro pada 18 Juni untuk mencegah gagal bayar (default) pada utang-utangnya, dua orang menteri mengatakan pada Jumat (12/6/2015).

Menteri Pertahanan Yunani Panos Kammenos mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Mega channel bahwa kesepakatan "akan terjadi pada 18 Juni atau tidak pernah".

Sementara, Menteri Negara Alekos Flambouraris, rekan dekat Perdana Menteri Alexis Tsipras, mengatakan kepada televisi pemerintah ERT: "Saya berharap (kesepakatan) datang segera, pada 18 Juni, ketika Eurogroup bersidang." Yunani butuh untuk meraih kesepakatan guna membuka 7,2 miliar euro dalam dana talangan pada akhir Juni sebelum program penyelamatan Uni Eropa-IMF saat ini berakhir, meninggalkan negara yang kekurangan uang tanpa sarana pendukungan terhadap gagal bayar yang kian dekat.

Pembicaraan selama lima bulan terjebak pada perselisihan antara Yunani dan para kreditor tentang target anggaran masa depan, reformasi ekonomi dan penerimaan pajak.

Athena menghadapi tekanan, dengan IMF mengatakan pada Kamis tetap ada kesenjangan besar antara kedua belah pihak, dan Uni Eropa memperingatkan Yunani untuk menghentikan "perjudian" dengan kemungkinan gagal bayar dan keluar dari zona euro.(AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,