Dishub Siapkan 1.000 Unit Bus Sambut Munggah

Dishub Siapkan 1.000 Unit Bus Sambut Munggah

Jelang munggahan terminal Cicaheum dan Leuwipanjang dipadati pemudik. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan atau dikenal dengan istilah munggahan, Dinas Perhubungan Kota Bandung menyiapkan armada bus sebanyak 1.000 unit untuk diberangkatkan ke beberapa kota di Jawa Barat. Persiapan menyambut munggahan akan difokuskan pada rute jarak dekat atau AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi, menjelang masa munggahan pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan armada bus sebanyak 1 kali lipat dari hari biasanya.

 

“Kita akan siapkan sebanyak 1.000 armada bus untuk pemberangkatan dari Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang, ini sengaja dinaikkan 1 kali lipat agar semua penumpang bisa terangkut. Pada hari biasa saja pemberangkatan bisa mencapai 500 armada,” tutur Ricky di Terminal Leuwipanjang, Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (12/6/2015).

 

Munggahan dianggap agenda rutin dalam setiap tahun saat menyambut datangnya bulan Ramadan.

 

“Di Jawa Barat masih kental tradisi munggahan untuk berkumpul dengan keluarga menyambut datangnya bulan Ramadan, ini dipastikan akan menyebabkan lonjakan di dua terminal Kota Bandung,” serunya.

 

Usai munggahan, Dishub Kota Bandung akan menarik kembali armada tambahan dan memberlakukan kembali armada rutin seperti hari biasanya.

 

“Saat sudah masuk bulan Ramadan dan bukan munggahan, kami akan berlakukan kembali armada rutin seperti hari biasa, paling akan ada armada sekitar 300 hingga 500 bus saja,” pungkasnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,