Anda Menderita Wasir, Ini Gejala dan Penyebabnya

Anda Menderita Wasir, Ini Gejala dan Penyebabnya

Ilustrasi sakit wasir.(Net)

Jakarta - Pola hidup yang kurang sehat dapat menyebabkan terjadinya hemorrhoid, atau juga dikenal dengan wasir atau ambeien. "Ya, kurang makanan berserat dan kurang minum," kata dokter bedah RSU Bunda Jakarta Iga Nari Laksmi Dewi, Jumat (12/6).

Ia menjelaskan wasir secara anatomi bukan penyakit, tetapi perubahan fisiologis pada bantalan pembuluh darah di bagian dubur. Yakni pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan yang ada di sekitarnya.

Kurang asupan cairan dan serat dapat mengakibatkan sembelit. Pada saat sulit buang air besar, seseorang yang mengejan dapat mengakibatkan ambeien. "Ketika mengejan, tekanan bisa mengakibatkan vena pecah," katanya. 
 
 
Diare kronis juga dapat menyebabkan wasir. Selain itu, sering mengangkat beban berat, terlalu lama duduk atau berdiri juga dapat memicu timbulnya perubahan tersebut.

Selain itu, masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab wasir karena peningkatan hormon progesteron, yang dapat memicu sembelit dan tekanan pada panggul akibat rahim yang membesar. Wasir juga dapat terjadi setelah melahirkan akibat mengejan.

Iga menambahkan, wasir yang terjadi setelah melahirkan dapat hilang dengan sendirinya, apabila memang tidak begitu parah.
 
Sementara itu, spesialis kebidanan dan kandungan Sita Daniswati menjelaskan, perempuan yang sedang hamil kerap mengalami hemorrhoid karena hormon progesteron meningkat. "Hormon itu memperlambat gerakan otot usus, jadi, sembelit," katanya. Selain itu, tekanan dari perut saat hamil dapat menimbulkan wasir.

Menurut Sita, wasir umumnya terjadi saat usia kandungan enam bulan ke atas karena tekanan semakin besar. Secara anatomi, wasir bukan penyakit melainkan perubahan fisiologis pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan di pembuluh darah dan jaringan di sekitarnya.

Gejala penyakit tersebut antara lain pendarahan dan rasa nyeri. Bila semakin besar, hemorrhoid dapat menonjol keluar anus. Selain kedua faktor di atas, mengejan yang terlalu keras saat melahirkan juga dapat menimbulkan ambeien.

Wasir saat hamil tidak berpengaruh pada kesehatan janin, kecuali, bila pendarahan mengakibatkan anemia.  Bayi dalam janin akan kesulitan bernapas karena kekurangan darah dan dapat menghambat perkembangannya. (Jr.)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:kesehatan,