Italia Bermain Imbang di Kandang Kroasia

 Italia Bermain Imbang di Kandang Kroasia

Split - Kroasia dan Italia berada di jalur untuk mencapai putaran final Piala Eropa 2016 setelah bermain imbang 1-1 pada pertandingan kualifikasi Grup H mereka, yang dimainkan tanpa kehadiran penonton di Stadion Poljud pada Sabtu (13/6/2015) WIB.

Para penggemar tidak diizinkan memasuki stadion setelah Kroasia mendapat hukuman satu pertandingan tanpa penonton, untuk pelanggaran berulang yang dilakukan para penggemarnya pada fase awal kualifikasi.

Para penggemar Kroasia menyanyikan lagu-lagu rasis saat mereka menang 5-1 atas tamunya Norwegia pada Maret, yang disusul sejumlah insiden saat bermain imbang 1-1 dengan Italia di Milan pada November silam dengan melemparkan suar ke dalam lapangan.

Hasil pada pertandingan Jumat membuat Kroasia memuncaki klasemen grup dengan 14 angka dari enam pertandingan, unggul dua angka atas Italia yang memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka di kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia menjadi 46 pertandingan.

Penyerang jangkung Mario Mandzukic membawa Kroasia unggul secara kontroversial pada menit ke-11 sebelum Antonio Candreva menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti pada menit ke-36.

Mandzukic, yang sebelumnya gagal saat melakukan tendangan penalti, mencetak gol beberapa saat setelah gol Italia Stephan El Shaarawy dianulir karena offside.

Dengan tayangan ulang yang memperlihatkan bahwa sang penyerang mencetak gol bagus dan tim tamu tengah mendebat keputusan hakim garis, Kroasia meluncurkan serangan balik cepat dan Mandzukic memaksimalkan umpan silang mendatar yang dikirim Ivan Rakitic.

Mandzukic kemudian membuat timnya harus mendapat hukuman penalti ketika tangannya menyentuh bola umpan silang Andrea Pirlo, dan Candreva mengarahkan bola ke tengah saat ia mengecoh kiper Kroasia Danijel Subasic.

Kedua tim menyia-nyiakan berbagai peluang pada pertandingan bertempo tinggi ini, ketika instruksi dari kedua sisi bangku pemain cadangan bergema di stadion yang kosong.

Kroasia harus kehilangan kapten Darijo Srna menjelang pertandingan usai, setelah ia mendapatkan kartu kuning kedua atas pelanggaran yang dilakukannya. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,