Tol Cipali Kurangi 40 Persen Kepadatan Pantura Saat Mudik

Tol Cipali Kurangi 40 Persen Kepadatan Pantura Saat Mudik

Purwakarta  - Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) yang diklaim merupakan yang terpanjang di Jawa Barat, resmi dioperasikan. "Dengan mengucap  Bismillahirahmanirrahim, saya nyatakan Tol Cipali resmi dibuka," kata Jokowi dalam sambutannya yang diakhiri dengan penekanan tombol sirine sebagai bukti tol resmi beroperasi, di Pintu Tol Cikopo, Jawa Barat, Sabtu (13/6/2015).


Jokowi mengapresiasi upaya dari semua pihak yang telah menyukseskan pembangunan jalan tol dengan panjang 116,75 kilometer (km) yang telah selesai sesuai target. "Saya memberikan aprisiasi yang besar. Waktu Desember kemari saya datang, saya minta sebelum Lebaran sudah selesai. Tapi ini malah lebih cepat," katanya.

Dengan diresmikannya tol baru ini, akan mempermudah akses jalan dari Merak, Banten hingga Brebes, Jawa Tengah. Tol Cipali diklaim mampu mengurangi 40 persen kepadatan di Jalur Pantura saat momen Lebaran, di mana arus mudik bisa melonjak mencapai 100 persen. Jalan tol ini juga diklaim hanya menghabiskan waktu tempuh satu setengah jam. 
 
 
Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan peresmian dipercepat dari jadwal semula 15 Juni 2015.
"Ini karena Presiden minggu depan ingin konsentrasi di Jakarta," kata Basuki.

Pengerjaan proyek jalan tol itu dimulai dengan peletakan batu pertama pada Desember 2011 oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Pembangunan dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya melalui komposisi pemegang saham adalah PLUS Expressways Berhard sebesar 55 persen dan PT Baskhara Utama Sedaya sebesar 45 persen dengan total investasi Rp12,56 triliun dan masa konsesi 35 tahun.

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh Konsorsium PT Karabha Griyamandiri-PT Nusa Raya Cipta Joint Operation. Jalan tol itu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak Banten hingga Banyuwangi Jatim.(Ode)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,