Melongok Wajah Baru Taman Ujungberung Bandung

Melongok Wajah Baru Taman Ujungberung Bandung

Taman Ujungberung Bandung. (fb Ridwan kamil)

Bandung - Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) kini membuat taman baru di Ujungberung, yang memiliki banyak fungsi juga kelebihan. Antara lain  MD Teater, joging track, hingga lapangan yang khusus dibuat untuk salat Idul Fitri. 

Kepala Diskamtam Arief Prasetya menyebutkan, Taman Ujungberung ini didesain nyaman karena dipasangi grass block. Berbeda dengan Taman Alun-alun Bandung yang dipasangi rumput sintetis, Taman Ujungberung  tampak lebih asri dan hijau. "70 persen lahan taman sudah dipasang grass block, sementara 30 persennya dipasangi kramik," ujarnya, Minggu (14/6/2015).

Peluncuran Taman Ujungberung yang dibuka Minggu pagi tadi juga diwarnai dengan munggahan dan kuliah 7 menit, dalam rangka menghadapi Ramadan. Arief menjelaskan, fasilitas yang disediakan memang cukup istimewa. Seperti, tersedianya joging track, enam toilet permanen, kolam air, tempat duduk, MD teater dan taman bermain anak. 
 
"Khusus untuk teater, bentuknya akan seperti terasering Taman Musik Centrum, yang dikhususkan bagi para musisi dan anak muda untuk manggung di sana. Karena di bagian timur ini banyak sentra kesenian, termasuk benjang, reog maka kreasi kaum muda tersebut perlu kita fasilitasi untuk manggung di sana," ungkapnya.
 
Arief mengatakan, seharusnya Taman Ujungberung sudah selesai Maret. Namun, karena konsentrasi terbelah, dengan adanya perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA), sehingga pengerjaan berbagai proyek terhambat karena fokus pada KAA terlebih dahulu. 

''Ini juga hibah dari dua perusahaan yang seharusnya selesai Maret, tapi agak terlambat. Tapi Alhamdulilah bisa selesai sekarang,'' katanya.

Persiapan untuk pembukaan Taman Ujungberung ini juga dilakukan oleh Karang Taruna Komunitas Sawala dan PBI (Persatuan Benjang Indonesia). Staf Koordinator acara Fajar Sukme mengatakan, anak muda Ujungberung bangga dan siap meramaikan acara pembukaan.

''Kita hadir untuk memeriahkan acara pembukaan Taman Ujungberung, hadir dengan tema, Ini Mah Ujungberung. Pihaknya akan menghadirkan berbagai tradisi kesenian mulai dari Benjang Helaran, Benjang Topeng, Pecaksilat,Tari Jaipong, Kabaret (Singlet), Savoycustic dan aktivitas beberapa komunitas lainnya,'' ujarnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,