Dituduh Jiplak Lagu Beyonce Dituntut 7 Juta Dolar AS

Dituduh Jiplak Lagu Beyonce Dituntut 7 Juta Dolar AS

Beyonce Giselle Knowles

Los Angeles - Istri rapper Jay Z, Beyonce Giselle Knowles dituduh karyanya berjudul Xo merupakan hasil jiplakan. Atas tuduhan tersebut, Beyonce dituntut sebesar 7 juta dolar AS, atau sekitar Rp 93 miliar. Ahmad Lane yang melaporkan Beyonce beserta label rekamannya, Parkwood Entertainment dan Columbia Records pada 2014 lalu.
 
Dikutip dari Radaronline, Ahmad Lane menjelaskan, lagu Xoxo ciptaannya bisa jatuh ke tangan Beyonce berkat penyanyi latar Beyonce yang bernama Chrissy Collins. Chrissy memberi salinan lagu Xoxo kepada Beyonce. Kemudian artis kelahiran 4 September 1981 itu mengubah lagu dan judulnya menjadi Xo.

Namun tudingan itu hanya dianggap angin lalu oleh Beyonce. Menurut pelantun Crazy In Love itu lewat perwakilannya, lagu Xoxo dan Xo sama sekali tidak terdengar mirip. Penjiplakan itu juga dianggap mustahil oleh pihak Beyonce, karena ia adalah penyanyi yang telah memenangkan 17 Grammy dan albumnya telah terjual sebanyak 118 juta di seluruh dunia.
 
"Jadi, hal yang dipermasalahkan adalah lagu yang sama sekali berbeda. Meski memang ada kesamaan pada musik dan lirik. Selain mungkin judul yang menggunakan huruf X dan O," katanya. 

Selain itu, menurut perwakilan Beyonce, Ahmad Lane belum secara resmi mengajukan pendaftaran hak cipta atas lagu itu. Dengan begitu, fakta tersebut bisa menggagalkan tuntutan 7 juta dolar AS. (Jr.)**
.

Categories:Musik,
Tags:musik,