Curry Bawa Golden State Menang Atas Cleveland

Curry Bawa Golden State Menang Atas Cleveland

Steph Curry Bawa Golden State Menang Atas Cleveland

Oakland - Steph Curry tampil gemilang dan memicu Golden State untuk menang 104-91 atas Cleveland pada pertandingan putaran final NBA yang dimainkan pada Senin (15/6/2015) WIB, membawa Warriors semakin dekat untuk meraih gelar pertama mereka sejak 1975.

Pemain Terbaik NBA 2015 itu mencetak 37 angka, 17 di antaranya dibukukan pada kuarter keempat, ketika Golden State menang 3-2 pada rangkaian seri 'best of seven.

Warriors berpeluang mengakhiri puasa gelar selama 40 tahun saat mereka memenangi pertandingan keenam di Cleveland pada Selasa.

"Saya berharap pada Selasa kami dapat menggenggam trofi itu. Itulah yang ingin saya lakukan," kata Curry. "Kami percaya diri. Kami tidak mendahului diri sendiri. Namun kami tahu rasa mendesak pada saat ini." Menggenggam keunggulan 85-84, Warriors kemudian melejit 19-5 pada akhir kuarter keempat untuk mengamankan kemenangan, Curry mencetak 12 angka pada laju tersebut. Pemilik rekor tembakan tiga angka itu melesakkan dua tembakan impresif dari luar area tiga angka dan sepanjang permainan memasukkan 13 dari 23 percobaan lemparan dua angka, dan tujuh dari 13 percobaan lemparan tiga angka.

"Itulah yang dilakukan Steph sepanjang pertandingan," kata pelatih Warriors Steve Kerr. "Ia menguasai permainan dan itu fantastis." Curry dua kali menjawab lesakan bola yang dilakukan bintang Cleveland LeBron James sebelum ia menjadi penentu kemenangan timnya, mengemas 17 angka pada periode akhir.

"Itu adalah permainan yang saya lakukan sepanjang tahun dan saya merasa percaya diri dengannya," kata Curry. "Tentu saja ketika itu masuk, itu membantu kepercayaan diri Anda tetap tinggi." Curry sempat mengalami masalah dehidrasi setelah pertandingan dan ia mengatasinya dengan banyak meminum cairan dan diperkirakan akan berada pada penampilan terbaiknya pada Selasa.

James membukukan 40 angka, 14 rebound, dan 11 assist untuk bergabung dengan Magic Johnson sebagai satu-satunya pemain NBA dengan koleksi 'triple-double' pada berbagai pertandingan putaran final NBA, namun aksi heroiknya tidak cukup dan Cleveland harus menang pada Selasa agar pertandingan ketujuh dapat dimainkan pada Kamis di Oakland.

"Anda mengatasinya dengan memahami bahwa ini hanya merupakan satu pertandingan dan melihat kesempatan yang kami miliki pada Selasa untuk memaksakan pertandingan ketujuh," kata James.

"Kami akan memainkan pertandingan kandang pada game keenam, dan kami cukup bagus untuk memenanginya. Saya merasa percaya diri." Saat ditanyai apa yang menimbulkan kepercayaan dirinya, James membalas, "Saya merasa percaya diri karena saya merupakan pemain terbaik di dunia. Sesederhana itu." Namun bahkan James kali ini harus angkat topi terhadap permainan Curry.

"Steph melakukannya dengan baik. Ia melepaskan beberapa tembakan besar yang menahan kami," kata James. "Kami memerlukan permainan bertahan terbaik kami di malam ini pada kuarter keempat, dan kami tidak melakukannya. Kami memberi mereka 31 angka pada (kuarter) keempat. Sebagian di antaranya adalah lemparan bebas, namun banyak dari (raihan angka) itu yang merupakan serangan balik. Maka kami harus melakukan pekerjaan kami dengan lebih baik daripada itu." Kerr, "Yang terbaik masih belum datang." Tim-tim yang dipimpin James pada kedudukan 2-2 di seri playoff tidak pernah kalah pada pertandingan kelima dalam lima percobaan sejak tim Miaminya kalah di seri playoff, setelah membagi rata empat pertandingan pertama.

Tim-tim yang memenangi pertandingan kelima dalam final-final 'deadlock' telah memenangi gelar dalam 20 dari 28 percobaan.

"Apa yang membuat saya gembira adalah saya berpikir kami dapat bermain lebih baik lagi," kata Kerr.

Draymond Green menambahi 16 angka dan sembilan rebound untuk Golden State, yang mendapat sumbangan 14 angka, delapan rebound, dan tujuh assist dari Iguodala. Leandro Barbosa masuk sebagai pemain pengganti dan mengemas 13 angka.

Tristan Thompson mencetak 19 angka dan sepuluh rebound untuk Cleveland, yang juga mendapat 14 angka dari pemain pengganti J.R. Smith, yang menggantikan 'big man' asal Rusia Timofey Mozgov, ketika Cavalier menandingi tim Warriors yang lebih kecil namun lebih cepat.

"Saya merasa bahwa peluang terbaik bagi kami untuk bertahan di permainan dan untuk memiliki kesempatan untuk memenanginya adalah memainkan cara yang kami mainkan," kata pelatih Cavs Dave Blatt.

"Itu bukannya tidak menghormati siapapun, khususnya tidak kepada Timo yang melakukan pekerjaan bagus untuk kami." Warriors dapat menjadi tim pertama sejak Chicago pada 1991 yang memenangi final NBA tanpa pemain yang sebelumnya tampil di seri-seri gelar.

Dan Kerr, yang memenangi lima gelar NBA sebagai pemain, dapat menjadi pelatih 'rookie' pertama NBA yang memenangi gelar sejak Pat Riley melakukannya bersama Los Angeles Lakers pada 1982. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,