Pemprov Gelar Mudik Bareng bagi PNS

Pemprov Gelar Mudik Bareng bagi PNS

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar acara mudik bareng bagi pegawai negeri sipil dan non PNS ke sejumlah daerah tujuan mudik yang ada di wilayah tersebut pada Lebaran 2015.

"Kegiatan mudik bareng ini sudah menjadi tradisi di Pemprov Jabar bagi PNS dan non PNS yang secara ekonomi berpenghasilan rendah. Pemprov ingin memberi apresiasi, dalam rangka silaturahim kemudian melihat juga pembangunan di daerah," kata Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa di Bandung, Senin (15/6/2015).

Ia mengatakan, pihaknya masih akan mendata ada berapa jumlah PNS dan armada bus yang nantinya akan digunakan untuk mudik gratis tersebut.

"Rencananya di awal Ramadan pendataan akan mulai dilakukan. Syaratnya tinggal daftar siapa saja yang akan ikut. Jadi belum bisa diketahui akan ada berapa bus. Tahun kemarin lima sampai enam bus," kata dia.

Sementara itu, pihaknya mempersilakan para PNS di lingkungan Pemprov Jawa Barat untuk menggunakan mobil dinas untuk mudik pada lebaran tahun ini karena Menpan RB Yuddy Chrisnandi memperbolehkan para PNS menggunakan kendaraan dinas untuk mudik asalkan digunakan secara bertanggung jawab.

"Jadi penggunaan mobil dinas ini, apalagi yang tidak punya kendaraan pribadi. Kalau pakai motor berbahaya, maka kami persilakan, tapi dengan bensin sendiri, uang tol sendiri, dan kalau ada apa-apa tanggung jawab sendiri. Daripada di sini disimpan tidak aman. Ya dalam rangka praktis saja," kata dia.

Menurut Iwa, kendaraan dinas memang sedapat mungkin digunakan untuk kepentingan dinas tapi tidak menutup jika digunakan untuk mudik karena dalam kegiatan mudik juga ada aktivitas kedinasan yang bisa dilakukan sekaligus.

"Sehingga bukan semata-mata mudik, tetapi juga menyerap aspirasi dan meninjau pembangunan di daerah masing-masing sekaligus silaturahim dengan masyarakat," kata dia.

Oleh karena itu, Iwa menyambut positif apa yang disampaikan Menpan RB tersebut walaupun bagi yang memiliki kendaraan pribadi, sebaiknya gunakan saja kendaraan pribadi untuk mudik. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,