Bank BJB Siap Fasilitasi Dua Operator Jalan Tol

Bank BJB Siap Fasilitasi Dua Operator Jalan Tol

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Bank BJB Tbk memberikan fasilitas kredit sindikasi kepada dua operator jalan tol yakni PT Lintas Marga Sedaya untuk Tol Cikopo-Palimanan dan PT Jasamarga Pandaan Jalan Tol Gempol-Pandaan.

"Dukungan pembiayaan Bank BJB dalam proyek Jalan Tol Cikopo-Palimanan ini merupakan salah satu komitmen Bank BJB dalam pengembangan infrastruktur guna meningkatkan perekonomian di daerah, khususnya Jawa Barat," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan, dalam siaran persnya, Senin (15/6/2015).

Ia menuturkan, Bank BJB senantiasa memberikan komitmen dan dukungan dalam pengembangan infrastruktur daerah dan nasional, seperti pembangunan Jalan Tol Cikopo-Palimanan tersebut.

"Di mana dalam hal ini Bank BJB merupakan salah satu Joint Mandated Lead Arranger dalam pembiayaan proyek jalan tol Cikopo-Palimanan yang diikuti oleh 20 bank peserta sindikasi," kata dia.

Ia menuturkan, proyek jalan tol yang memiliki panjang 116,75 km dan terbagi dalam enam seksi ini memiliki peran strategis dalam menghubungkan jalur Trans Jawa untuk menunjang jalur distribusi dan logistik di Pulau Jawa.

"Dan dengan beroperasinya jalur tol tersebut diharapkan dapat memecah kemacetan di Jalur Pantai Utara terlebih lagi pada saat momen liburan dan Lebaran," kata dia.

Dikatakan dia, fasilitas kredit sindikasi proyek Jalan Tol Cikopo-Palimanan ini total sebesar Rp8,8 triliun, di mana Bank BJB memiliki porsi komitmen pembiayaan sebesar Rp800 miliar.

"Pembiayaan tersebut ditujukan untuk pembangunan proyek jalan tol Cikopo-Palimanan dengan jangka waktu fasilitas kredit sampai dengan tahun 2027," kata dia.

Pada proyek jalan tol Gempol-Pandaan, lanjut dia, Bank BJB juga merupakan salah satu kreditur dalam pembiayaan proyek jalan tol tersebut beserta empat bank peserta sindikasi lainnya.

Proyek jalan tol Gempol-Pandaan memiliki peran strategis dalam menghubungkan Kota Surabaya, Kabupaten Pasuruan dan Kota Malang untuk menunjang jalur distribusi dan logistik di Jawa Timur.  Jalan tol Gempol - Pandaan memiliki panjang 13.61 km dan akan dioperasikan oleh PT Jasamarga Pandaan Tol yang merupakan salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Adapun fasilitas kredit sindikasi proyek Jalan Tol Gempol - Pandaan ini total sebesar Rp817 miliar dimana bank bjb memiliki porsi komitmen pembiayaan sebesar Rp100 miliar.

"Pembiayaan tersebut ditujukan untuk pembangunan proyek jalan tol Gempol - Pandaan dengan jangka waktu fasilitas kredit sampai dengan tahun 2027," kata dia.

Ia menuturkan, hal ini mencerminkan komitmen Bank BJB untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pengembangan infrastruktur di Indonesia dan Provinsi Jawa Barat dan Banten khususnya serta untuk meningkatkan perekonomian daerah. (AY)

.

Categories:Perbankan,
Tags:perbankan,