Sekitar 3.000 Warga Gunung Sinabung Mengungsi

Sekitar 3.000 Warga Gunung Sinabung Mengungsi

Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatra Utara.(Net)

Tanah Karo- Sekitar 3.000 warga yang berada di sekitar Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatra Utara, mengungsi karena letusan gunung yang meningkat beberapa waktu belakangan.
 
Gunung ini aktif kembali pada tahun 2010 namun letusannya semakin meningkat pesat sejak awal Juni 2015. Sebelum letusan besar tahun 2010, Gunung Sinabung dalam keadaan tenang selama hampir 400 tahun lebih.
 
Pada akhir pekan, letusan gunung dilaporkan semakin membesar dan pada Senin 15 Juni terdapat 28 muntahan yang mengeluarkan awan dan gas panas degan kecepatan tinggi ke lereng gunung.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun cedera sejak meningkatnya kembali kegiatan Gunung Sinabung awal Juni.

Namun hingga saat ini dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun yang cedera akibat meningkatnya kegiatan Gunung Sinabung.
 
Letusan besar yang terjadi pada Februari 2014 lalu, menyebabkan sedikitnya 15 orang tewas dan ribuan orang harus mengungsi.
Walau sebagian warga bisa masih kembali ke rumahnya, namun banyak yang harus pindah ke perumahan yang dibangun pemerintah Indonesia untuk para pengungsi Sinabung.
Dalam perkembangan terbaru ini diperkirakan masih akan ada warga yang harus meninggalkan rumahnya.
"Kami rencananya akan mengevakuasi lima sampai enam kampung lagi dalam beberapa hari mendatang, jumlahnya sekitar 2.500 penduduk," jelas Asep Sukarna, seorang perwira militer setempat, kepada kantor berita AFP seperti dilansir BBC. (Ode)**
.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,