Daerah Terpencil Dialiri Listrik Mikrohidro

Daerah Terpencil Dialiri Listrik Mikrohidro

Bandung - Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Tirta Gemah Ripah, mengembangkan pembangkit listrik tenaga air mikrohidro dengan kekuatan delapan megawatt di Kabupaten Garut untuk pengembangan listrik di daerah-daerah terpencil.

"Jadi mikrohidro ini semacam pembangkit listrik skala kecil," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa (16/6/2015).

Menurut dia, mikrohidro ini dijalankan dengan cara membendung sungai untuk kemudian menghasilkan listrik walaupun dengan skala yang masih kecil.

"Jadi angka dua megawatt ke atas itu sudah termasuk mikrohidro. Satu megawatt saja cukup untuk mengaliri listrik untuk satu kecamatan," kata dia.

Ia menuturkan hasil listrik yang diperoleh dari mikrohidro tersebut tidak dijual langsung ke masyarakat melainkan dijual kepada PLN.

"Sekarang listrik yang dihasilkan sebesar dua megawatt saja dibeli sama PLN apalagi delapan megawatt," kata dia.

Aher akan terus mendorong PT TGR untuk mengembangkan inovasi lainnya seperti penyedian air bersih untuk kabupaten/kota agar nantinya bisa dijual kepada PDAM.

"Sehingga polanya itu, PT TGR menyediakan air baku kemudian dijual ke PDAM menjadi air bersih menjadi lebih bersih lagi sebelum dialirkan ke masyarakat," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,