SMKN 6 Bandung Miliki Kuota 900 Siswa

SMKN 6 Bandung Miliki Kuota 900 Siswa

SMKN 6 Bandung jadi SMK favorit di Bandung. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – SMKN 6 Bandung pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2015 ini, memiliki kuota sebanyak 900 murid. Kuota tersebut dibagi ke beberapa jalur seperti jalur prestasi, siswa tidak mampu, putra-putri guru, dan jalur akademik.

 

Menurut panitia PPDB SMKN 6 Bandung, Adhi Mudjiono, peserta yang mendaftar ke SMKN 6 Bandung pada tahun ini cukup membeludak dibanding PPDB tahun lalu.

 

“Apalagi di beberapa jalur seperti jalur siswa tidak mampu yang mendaftar cukup tinggi hingga 400 orang, kuato siswa pada tahun ini yang ada di SMKN 6 Bandung ada sekitar 900-an kursi, itu nantinya akan dibagi ke beberapa jalur penerimaan,” ucap Adhi Mudjiono di SMKN 6 Bandung, Riung Bandung, Jl. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (16/6/2015).

 

Adhi menerangkan, untuk jalur siswa tidak mampu, meskipun pendaftar yang masuk ke SMKN 6 Bandung cukup banyak, namun tidak semuanya diterima, pihaknya perlu menyeleksi dan menyesuaikannya dengan kuota yang ada.

 

“Kuota yang ada untuk siswa tidak mampu itu sesuai aturan mencapai 20 persen, jadi tidak mungkin semua kita tampung, kita akan menyeleksi mereka dari waktu pembuatan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dan lokasi kedekatan tempat tinggal mereka ke sekolah, jika ternyata benar orang tidak mampu dan rumahnya sekitar Riung Bandung, bisa saja kita terima, kalau orang jauh sepertinya tidak, jalur siswa tidak mampu diprioritaskan bagi warga sekitar dengan domisili rumah dekat sekolah,” terangnya.

Saat ini mayoritas para orang tua ingin anaknya melanjutkan sekolah setelah SMP yaitu ke SMK, SMK dinilai sekarang lebih punya potensi dan bisa mencetak seorang murid yang siap bekerja.

 

“Kalau melanjutkan sekolah mending ke SMK saja, di SMK semua murid diajarkan keterampilan dan keilmuan yang bisa langsung dipakai di dunia kerja. Jadi mereka bisa lebih siap lagi menghadapi dunia kerja, intinya lulusan SMK bisa lebih cepat dapat kerja, dan siap kerja,” seru Warsum salah seorang orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya ke SMK negeri di Kota Bandung. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,