Wartawan Prancis Itu Dihukum Empat Bulan Penjara

Wartawan Prancis Itu Dihukum Empat Bulan Penjara

Aliansi Mahasiswa Papua melakukan aksi unjuk rasa Mereka menuntut pembebasan jurnalis asal Perancis, Thomas Dandois dan Valentine Bourrant tanpa syarat beserta seluruh peralatan jurnalistik, dan memberi kebebasan jurnalis asing lainnya di Papua. ANTARA FO

Jayapura - Thomas Charles Dandois (40) dan Valentina Burrot (29) wartawan asal Prancis  akhirnya dituntut hukuman empat bulan penjara karena masuk dengan menggunakan visa wisata padahal mereka mencari berita di Papua.

Jaksa penuntut umum Sukanda menuntut kedua wartawan Arte TV Prancis itu empat bulan penjara dan denda Rp2 juta.

Kedua terdakwa itu dituntut karena dianggap melanggar pasal 122 huruf a Undang-Undang No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sidang yang dilaksanakan secara maraton sejak pagi hingga Kamis petang itu berlangsung aman di PN Abepura, Kota Jayapura.

Sidang dua wartawan Prancis tersebut digelar sejak Senin (20/10).

Usai mendengar tuntutan jaksa, majelis hakim yang diketuai Martinus Bala menunda sidang hingga Jumat untuk mendengarkan tanggapan pengacara atas tuntutan jaksa dan dilanjutkan dengan pembacaan tuntutan.

Kedua wartawan asal Prancis itu ditangkap di Wamena, sejak 7 Agustus, karena diduga melakukan sejumlah aktivitas kewartawanan, sementara keduanya masuk dengan menggunakan visa wisata.(Ode)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kriminal,