ITB Gandeng BTN Dongkrak Dana Pihak Ketiga

ITB Gandeng BTN Dongkrak Dana Pihak Ketiga

Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)

Bandung - Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan fasilitas jasa dan layanan perbankan kepada civitas akademik di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai upaya mendongkrak dana pihak ketiga berbiaya murah di lingkungan pendidikan.

"Kerjasama yang disepakati antara Bank BTN dengan ITB adalah adalah menyangkut pemanfaatan jasa dan layanan perbankan untuk pengembangan civitas akademika," kata Direktur Utama PT BTN Tbk Maryono, usai melakukan (MOU) dengan Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi, di Bandung, Selasa (16/6/2015).

Adapun ruang lingkup kerjasama antara BTN dengan ITB, kata Maryono, meliputi pengelolaan dana operasional, Pengelolaan pembayaran Biaya Pendidikan, Tabungan untuk Mahasiswa dan Pegawai.

Kemudian Kartu Mahasiswa dan layanan berbasis kartu lainnya, Fasilitas Kredit Karyawan, Penyaluran Dana Program Pemerintah, Fasilitas pendukung kegiatan civitas akademika, Pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan lainnya.

"Ini adalah awal untuk bagaimana kami dapat memberikan lebih banyak lagi dari apa yang dibutuhkan kampus dan kami bisa memberikan dengan layanan lebih. Sebagai mitra kerja yang strategis kami ingin memberikan pelayanan lebih kepada ITB. Kami ingin bagaimana Bank BTN dapat menjadi one stop service bagi ITB untuk kebutuhan apapun," kata dia.

Ia mengatakan banyak model kerjasama yang dapat dikembangkan bersama untuk memenuhi kebutuhan ITB dalam segala keperluan seperti Bank BTN dapat memberikan kredit/pembiayaan modal kerja dan investasi, contohnya pembangunan gedung kampus, perumahan dosen dan rektor, asrama mahasiswa, laboratorium dan sarana belajar lainnya.

"Sebaliknya Bank BTN juga dapat memanfaatkan kerjasama ini dengan bagaimana ITB bisa memberikan masukan yang diperlukan bagi pengembangan bisnis masa depan. Kami ingin agar kerjasama ini membawa sinergi kedua belah pihak," kata dia.

Ia menuturkan, perkembangan bisnis perbankan membuat bank harus berlomba-lomba dalam berinovasi sekaligus merebut pasar yang ada, termasuk dalam hal ini inovasi layanan perbankan ke dunia pendidikan yang dilakukan Bank BTN bersama ITB.

"Bank BTN merangkul ITB dengan sejumlah fasilitas layanan dan jasa perbankan yang dapat dinikmati baik oleh para peserta didik dan pengelola kampus," kata dia.

Menurut dia, dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan diperoleh sinergi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dengan harapan bisa mendongkrak dana pihak ketiga yang dikelolanya.

"Kami ingin bagaimana dana pihak ketiga Bank BTN yang berbiaya murah dapat meningkat," kata dia.

Dikatakan dia, kerjasama dengan ITB adalah salah satu tujuan untuk dapat dikembangkannya perolehan dana murah dalam mendukung operasional bisnis bank agar lebih efisien.

Sementara itu, Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi menyambut baik hadirnya kerjasama antara pihaknya dengan Bank BTN tersebut.

"Tentunya kami menyambut baik karena di sini ada sekitar dua ribuan staf non akademik dan 120 dosen dari yang junior hingga senior, yang senior mungkin perlu membangun rumah maka ini mungkin jadi solusinya," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,