Umuh Munggahan dengan Pemain dan Masyarakat

Umuh Munggahan dengan Pemain dan Masyarakat

Sumedang - Menyambut bulan suci Ramadan, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menggelar tradisi "mungahan" di kediamannya di Desa Ciluluk, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Rabu (17/6/2015) siang.

Dalam acara yang digelar satu hari menjelang bulan puasa ini, ratusan warga yang tinggal di sekitar kediaman pak haji sapaan karibnya, tampak antusias dan menyambut baik acara munggahan yang dikemas melalui 'ngagogo' di kolam ikan ini.

Dikatakan Umuh, acara tersebut merupakan tradisi rutin yang sering ia gelar menjelang datangnya bulan Ramadan. "Ini kegiatan tiap tahun, kalau munggahan dengan masyarakat di sini, tadi juga ada sekitar kurang lebih 800 peserta," kata Umuh saat ditemui di sela-sela acara di kediamannya.

Dalam acara tersebut, Umuh menyediakan sebanyak tiga kuintal ikan yang dimasukkan ke dalam kolam. Sealin untuk masyarakat, Umuh juga menggelar acara "ngagogo" untuk para pemain Persib dan wartawan yang hadir. "Tadi yang dimasukkan tiga kuintal ini ikan yang sekarang disentuh, Kalau untuk pemain dan wartawan saya tambah satu kuintal," ucapnya

Saat wartawan dan pemain berada dalam satu kolam, Umuh pun tidak ketinggal ikut serta masuk ke dalam kolam, Para pemain, pelatih, wartawan serta Umuh berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya.

"Saya yang punya aturan sendiri tapi saya yang melanggar peraturan itu,, karena yang lain sudah dapat ikan tapi saya belum dapet terus jadi saya cari pake jala saja," ujarnya.

Acara ngagogo menurutnya selain untuk menyambut munggahan, juga untuk mengibur masyarakat. "Ini kegiatan hiburan saja. Kegiatan ini untuk acara munggahan saja guna  membahagiakan masyarakat," pungkas pria yang musim lalu membawa Persib Juara Indonesia Super League (ISL) 2014. (AY)

.

Categories:Persib,
Tags:,