Kesadaran Memiliki Akta Kelahiran Meningkat

Kesadaran Memiliki Akta Kelahiran Meningkat

Mobil Disdukcapil keliling bantu warga miliki akta kelahiran. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Petugas Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jajang mengakui saat ini kesadaran masyarakat untuk memiliki akta kelahiran sudah cukup tinggi. Terbukti di kecamatannya hampir 90 persen masyarakat sudah memiliki akta kelahiran.

Hal itu kata Jajang, dikarenakan masyarakat banyak yang memerlukan untuk syarat mendaftar masuk sekolah. “Saya banyak mendapat tugas untuk mengurus masalah akta kelahiran warga Kecamatan Pacet ke Disdukcapil Kabupaten. Hampir setiap desa sejak Mei hingga Juni banyak yang mengajukan pembuatan akta kelahiran,” kata Jajang di kantor Kecamatan Pacet, Rabu (17/6/2015).

Jajang memaparkan, pembuatan akte kebanyakan dilakukan untuk syarat mendaftarkan anak ke sekolah setingkat SMP. “Sebelumnya memang banyak warga yang belum menyadari pentingnya memiliki akta kelahiran anak. Sehingga banyak anak yang sudah gede dan mau melanjutkan sekolah ke SMP, namun belum punya akta itu terpaksa para orangtua langsung membuat karena tuntutan sekolah yang meminta itu,” paparnya.

Secara keseluruhan warga saat ini sejak awal 2015 dari seringnya mobil Disdukcapil datang ke desa-desa di Kecamatan Pacet, untuk memberikan pelayanan gratis pembuatan akta kelahiran. Maka jumlah pemilik akta kelahiran di Kecamatan Pacet sudah meningkat menjadi 90 persen, padahal tahun lalu kesadaran warga akan akta kelahiran masih rendah. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,