Harga Ayam Rp 40.000, Daging Sapi Rp 115 Ribu per Kilogram

Harga Ayam Rp 40.000, Daging Sapi Rp 115 Ribu per Kilogram

Harga daging terus merangkak naik jelang Ramadhan. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Harga beberapa kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan umumnya sebagian besar mengalami kenaikan. Begitu juga dengan daging ayam yang di jual biasa dengan harga Rp. 28.000,-  sampai Rp. 30.000,-/Kg kini naik hingga Rp. 38.000,- sampai Rp. 40.000,-/Kg.

Berdasarkan pemantauan di Pasar Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung sehari sebelum bulan Ramadan, harga daging ayam mengalami kenaikan tajam sejak dua minggu lalu. Bulan Ramadan yang sudah di depan mata mempengaruhi komoditi ini untuk terus merangkak naik.

Menurut Pengelola Pedagang Daging Pasar Maruyung, Kecamatan Pacet, Iwan, harga daging sudah mulai merangkak naik sejak  awal bulan Juni lalu, namun tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

“Paling masih naik seribu sampai dua ribu, tapi jelang mendekati bulan Puasa, prediksi kenaikan daging akan terus meningkat. Bisa hingga mencapai Rp. 40.000,-/Kg,” terang Iwan saat ditemui Rabu (17/6/2015).

Sedangkan untuk kenaikan harga daging sapi, kata Iwan juga diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga mendekati Idul Fitri.

“Daging sapi saat ini harganya sekitar Rp. 105.000,- sampai Rp. 115. 000, tergantung jenis kualitasnya. Hingga mendekati Puasa di prediksi harga akan terus merangkak naik," katanya.

Pedagang daging dan para asosiasi daging berharap pemerintah bisa memantau lonjakan harga dengan operasi pasar atau program sejenisnya. Harga daging yang meroket menyebabkan omset pedagang daging turun lumayan drastis.

“Penjualan saat ini terbilang menurun, karena harga daging cukup mahal. Bisa sampai 50 persen, karena masyarakat masih enggan beli daging saat harga melambung," cetusnya.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,