Masjid Raya Bandung Sediakan 1.000 Takjil Gratis

Masjid Raya Bandung Sediakan 1.000 Takjil Gratis

Mesjid Raya Bandung.(Net)

Bandung - Pengurus DKM Masjid Raya Bandung, Provinsi Jawa Barat, menyediakan sekitar 1.000 takjil gratis kepada masyarakat selama puasa bulan suci Ramadhan 2015/1436 Hijriah.

"Setidaknya ada sembilan kegiatan khusus yang digelar pengurus masjid untuk Ramadhan tahun ini, salah satunya program Takjil Bersama ini," kata Ketua Bidang Pelayanan Ibadah Rutin dan Ketua Panitia Ramadhan Masjid Bandung Raya Ndang Ma'sum, di Bandung, Kamis (18/6/2015).

Pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan lainnya selama bulan puasa tahun ini yang diberikan untuk para jamaah masjid seperti Kajian Tafsir Al-Quran atau Bimbingan Studi Islam.

"Jadi selain takjil bersama ada juga ceramah subuh, kajian tafsir Alqur'an, pesantren Ramadhan, bimbingan study Islam remaja, i'tikaf menggapai Lailatul Qadar, penerimaan zakat, serta takbiran dan shalat Idul Fitri," kata dia.

Ia memperkirakan jumlah warga yang ikut kegiatan takjil bersama pada puasa tahun ini akan bertambah karena adanya daya tarik baru di wilayah sekitar Masjid Raya Bandung yakni Taman Alun-alun.

"Di sini juga digelar ceramah tarawih, ceramah subuh, dan kuliah dhuha. Kegiatan ceramah akan dilakukan setiap hari, kecuali kuliah dhuha yang hanya dilakukan setiap hari Sabtu pukul 07.30 hingga 08.30 WIB. Untuk kuliah dhuha telah dilakukan sepanjang tahun," kata dia.

Dikatakannya ada juga kegiatan yang dikhususkan untuk para remaja seperti pesantren Ramadhan dan bimbingan studi Islam remaja yang dilasanakan setelah shalat subuh pada seminggu pertama bulan Ramadhan.

"Untuk kegiatan pesantren ramadhan akan dilakukan sesuai kesepakatan dengan sekolah yang berkepentingan. Lalu bimbingan Islam remaja dilakukan ba'da sholat subuh," kata Ndang.

Sementara itu, untuk lebih memahami kandungan ayat Alquran, pihaknya mengadakan kajian tafsir yang diadakan setiap pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, sedangkan menjelang magrib Masjid Raya akan melakukan tadarus Alquran sepanjang bulan puasa.

"Dan di akhir bulan Ramadhan, kami akan mengadakan i'tikaf bersama menggapai Lailatul Qadar. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada malam ke-27 Ramadhan," kata dia.

Di akhir Ramadhan, masjid Raya Bandung akan mengadakan takbiran dan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1436 H mulai pukul 06.30 WIB.

"Kami mengharapkan kaum muslimin dan muslimah yang berada di dekat Masjid Raya Bandung bisa siang malam ikut memakmurkan masjid," kata Ndang. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,