Gubernur : Perusahaan Wajib BPJS-kan Pekerjanya

Gubernur : Perusahaan Wajib BPJS-kan Pekerjanya

Gubernur : Perusahaan Wajib BPJS-kan Pekerjanya

Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan, seluruh perusahaan di Jabar wajib memberikan perlindungan ketenagakerjaan kepada pekerjanya dengan mendaftarkan menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Kita akan terus imbau dan meminta perusahaan yang ada di Jawa Barat untuk memberi perlindungan kepada karyawannya untuk ikut BPJS ketenagakerjaan," kata Gubernur usai menggelar pertemuan dengan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan di Gedung Sate, Bandung, Kamis (23/10/2014).

Ia menuturkan, berdasarkan laporan, 18 juta pekerja di Jabar baru 2,1 juta pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut dia, jumlah tersebut masih minim pekerja atau perusahaan memberikan jaminan sosial dengan menjadi peserta BPJS Ketengakerjaan.

"Untuk mengcover semua itu, saya akan membuat surat edaran kepada bupati/wali kota untuk segera bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan," katanya.

Selain tenaga kerja formal, kata Gubernur, selanjutnya akan berupaya tenaga kerja informal bahkan PNS untuk dapat masuk sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut dia, program BPJS Ketenagakerjaan harus disosialisasikan karena menguntungkan dengan memberi jaminan pensiun, kesehatan, kematian, dan kecelakaan.

"Kita harus memberi sosialisasi bahwa ikut BPJS ketenagakerjaan itu menguntungkan, ketika ada persoalan-persoalan ke depan," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:kesehatan,