Penalti Kiese Thelin Antarkan Swedia U-21 Atasi Italia 2-1

Penalti Kiese Thelin Antarkan Swedia U-21 Atasi Italia 2-1

Olomouc, Republik Ceko - Sebuah gol dari titik putih yang dieksekusi penyerang Swedia Isaac Kiese Thelin memastikan kemenangan timnya atas Italia dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan grup Piala Eropa kelompok umur di bawah 21 tahun (Euro U-21) 2015 di Stadion Andruv, Olomouc, Republik Ceko, Jumat (19/6/2015) dini hari WIB.

Gol yang dicetak Kiese Thelin pada menit 86 itu sekaligus sukses membawa Swedia membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal lebih dulu dalam laga yang diwarnai dua kartu merah itu.

Berkat kemenangan tersebut, Swedia untuk sementara memuncaki Grup B Euro U-21 menantikan hasil laga lain antara Portugal menghadapi Inggris di Uherske Hradiste.

Kemenangan itu bagi Swedia U-21 merupakan capaian tersendiri, mengingat hasil itu seolah menjadi balas dendam atas kekalahan di partai final Euro U-21 edisi 1992 silam serta menggagalkan langkah mereka mengikuti putaran final edisi 2013 lalu karena kekalahan di babak play-off.

Italia sebetulnya mengambil inisiatif serangan lebih awal, dan mengancam gawang Swedia melalui penyerang Sassuolo Domenico Berardi yang masih bisa disapu oleh pemain bertahan Joseph Baffo pada menit 3.

Swedia seolah mendapatkan musibah kala bek tengah mereka Alexander Milosevic melakukan pelanggaran keras terhadap Andrea Belotti di area terlarang, yang bukan hanya berujung pada kartu merah untuk pemain Besiktas itu, namun juga hadiah penalti untuk Italia dari wasit Anastasios Sidiropoulos.

Berardi dengan tenang mengecoh penjaga gawang Patrik Calgren saat mengeksekusi bola dari titik putih, Italia unggul 1-0 atas Swedia.

Kedudukan tersebut bertahan hingga turun minum, dalam rasio penguasaan bola 56 persen untuk Italia dan 46 persen sisanya milik Swedia.

Memasuki babak kedua, Swedia justru tampil lebih tenang meski harus bermain dengan 10 punggawa saja.

Bahkan pada menit 56, melalui skema sepak pojok penyerang John Guidetti yang saat ini berstatus tanpa klub berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah ia menyelesaikan bola yang dikirimkan Oscar Lewicki ke dalam kotak penalti.

Keadaan tersebut seolah membuat Italia terlecut untuk meamanfaatkan keunggulan jumlah pemain, namun tendangan dua pemain pengganti Danilo Cataldi dan Simone Verdi masing-masing pada menit 76 dan 79 masih gagal menemui sasaran dengan baik.

Gagal mencetak gol, frustrasi seolah menghinggapi pasukan Gladiator muda, yang berujung pada pelanggaran tak perlu dari gelandang Juventus Stefano Sturaro yang dijawab wasit Sidiropoulos dengan kartu merah.

Italia yang sudah kehilangan keunggulan skor, harus juga merelakan keunggulan jumlah pemain.

Lima menit setelah kartu merah itu, penjaga gawang Francesco Bardi melakukan pelanggaran terhadap pemain pengganti Mikael Ishak kala mantan penyerang Parma itu menerobos ke dalam kotak penalti.

Wasit kembali menunjuk titik putih, yang diselesaikan dengan baik oleh Kiese Thelin, Swedia berbalik unggul 2-1.

Meski Italia berusaha untuk menyamakan kedudukan namun peluang yang diperoleh Danile Zappacosta dan Verdi di sisa waktu laga tak membuahkan hasil, mereka harus menelan kekalahan saat wasit Sidiropoulos meniupkan peluit tanda pertandingan rampung.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Italia U-21 (4-3-3): Francesco Bardi (PG); Davide Zappacosta, Matteo Bianchetti, Daniele Rugani, Stefano Sabelli; Stefano Sturaro, Federico Viviani, Daniele Baselli (Danilo Cataldi); Domenico Berardi, Andrea Belotti (Marcello Trotta), Cristian Battocchio (Simone Verdi)
Pelatih: Luigi Di Biaggio

Swedia U-21 (4-4-2): Patrick Carlgren (PG); Joseph Baffo, Alexander Milosevic, Filip Helander, Ludwig Augustinsson; Abdul Khalil, Oscar Hiljemark, Oscar Lewicki, Sam Larsson (Nilsson-Lindelof); John Guidetti (Mikael Ishak), Isaac Kiese Thelin

Pelatih: Hakan Ericson.(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,