Dwiki Mengemas Pop Sunda Jadi Jaz di London

Dwiki Mengemas Pop Sunda Jadi Jaz di London

Dwiki Mengemas Pop Sunda Jadi Jaz di London

London-Dwiki Dharmawan mengemas Pop Sunda "Bubuy Bulan" dan sejumlah lagu daerah menjadi jaz bekerjasama dengan musisi Inggris di London.
 
Dua lagu daerah yang diaransemen ulang dalam bentuk jaz pertengahan Mei di London - bekerja sama dengan sejumlah musisi Inggris termasuk Gilad Atzmon dan Asraf Sirkis- adalah "Ilir-ilir" dan "Cublak Suweng".
 
Dwiki mengatakan mengemas "Bubuy Bulan" - karangan Benny Korda- dalam bentuk jaz tidak direncanakan sebelumnya.
 
"Tadinya saya cuma bawakan "Ilir-Ilir" dan "Cublak Suweng" selain lagu-lagu orisinal terbaru saya, namun ketika Gilad Atzmon melantunkan suara klarinetnya, saya jadi terinspirasi "Bubuy Bulan", jadilah secara spontan lagu itu direkam," kata Dwiki kepada BBC Indonesia.
 
Lagu-lagu lain dalam album yang direkam di EastCote Studio, London ini termasuk Pasar Klewer, Purnama, Semangat Perdamaian/The Spirit of Peace dan Frog Dance serta Forest dan direncanakan akan diluncurkan tahun depan.

Inspirasi tak habis dari variasi musik Indonesia

Dwiki mengatakan keragaman musik Indonesia menjadi inspirasi baginya dalam aransemen musik.
"Musik di indonesia sangat bervariasi dan merupakan inspirasi yang tidak ada habisnya. Dari Sumatra dari mulai Aceh ke Sumatra Utara, Kalimantan, ke Jawa dan seterusnya. Nada berbeda, ritmis berbeda, instrumennya berbeda. Ini selalu menginspirasi saya," kata Dwiki.
 
"Spirit inilah yang saya akan ke rekaman ini," tambahnya.
Sejumlah komentar di Facebook BBC Indonesia terkait rekaman lagu "Bubuy Bulan" termasuk Godel PaenTsagty yang menulis, "Bangga lah saya sebagai orang Sunda lagu daerah saya mendunia," sementara Raihan Putra Kelana menyatakan, "Mantap kang...hidup musik Indonesia."
 
Selain di London, musisi jaz yang tergabung dalam Krakatau ini, juga telah merekam album "Passion Love Life" di Los Angeles, Amerika Serikat dan akan diluncurkan Oktober mendatang.(Ode)**
.

Categories:Musik,
Tags:,