Hindari Pemberian Sedekah di Jalanan

Hindari Pemberian Sedekah di Jalanan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Untuk mengurangi jumlah PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kota Bandung, Dinas Sosial Kota Bandung mengimbau warga untuk tidak memberikan sedekah di jalanan kepada pengemis, pengamen, dan anak jalanan. Jika ingin bersedekah di bulan Ramadan bisa mendatangi Lembaga Zakat atau turun langsung ke daerah perkampungan kumuh.

Menurut Sekretaris Dinas Sosial Kota Bandung, Medi Mahendra kebiasaan memberikan sedekah di bulan Ramadan ke anak jalanan, akan membuat keberadaaan PMKS semakin menjamur. “Sebaiknya warga yang ingin sedekah datang ke Lembaga Zakat atau memberikan langsung ke orang yang membutuhkan. dengan turun atau datang ke daerah pemukiman kumuh di Bandung,” papar Medi saat dihubungi via telephone, Sabtu (20/6/2015).

Selain ke lembaga zakat atau turun langsung ke pemukiman kumuh, warga yang ingin bersedekah atau berbagai rezeki saat Ramadan, bisa mendatangi panti asuhan untuk berbagi. “Di Kota Bandung masih banyak panti asuhan yang membutuhkan bantuan, jadi ini lebih efektif dan tepat sasaran,” imbuhnya.

Kebiasaan memberikan sedekah di jalanan justru akan membuat pengemis, pengamen, dan gelandangan sering berkeliaran di perempatan jalan di Kota Bandung. Sebaiknya masyarakat jika ingin membantu mereka bisa dengan menjadikannya orangtua asuh atau memberikan lapangan pekerjaan. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,