Nilai Ekspor Jabar Turun 5,34 Persen

 Nilai Ekspor Jabar Turun 5,34 Persen

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Nilai ekspor Jawa Barat pada Mei 2015 mengalami penurunan sekitar 5,24 persen sebagai dampai penurunan harga komoditas, kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jawa Barat Doddy Gunawan Yusuf di Bandung, Sabtu (20/6/2015).

"Nilai Ekspor Jabar pada Mei 2015 tercatat 2,10 miliar dolar AS, menurun sekitar 5,24 persen dari April 2015 sebesar 2,22 miliar dolar AS," kata Doddy.

Ia menyebutkan sektor industri masih mendominasi ekspor di Jawa Barat yakni permesinan, elektronik dan TPT.

Menurut dia secara akumulatif Januari-Mei 2015, nilai ekspor Jabar juga turun 4,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Penyebab dari penurunan ini, secara nasional karena harga komoditi yang turun serta masih buruknya ekonomi secara global," katanya.

Sementara itu ekspor migas secara total mengalami kenaikan 52,93 persen dan sektor non-migas mengalami penurunan 6,56 persen.

Tujuan ekspor produk Jabar masih tiga negara tujuan terbesar yakni Uni Eropa dan Asia Timur seperti Jepang dan Amerika Serikat," katanya.

BPS Pusat merilis nilai ekspor Indonesia pada Mei 2015 mencapai 12,56 miliar dolar AS atau turun 4,11 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara adanya perlambatan ekspor diakui oleh Ketua Apindo Jabar Deddy Widjaya yang menyebutkan kondisi ekonomi yang belum pulih mengakibatkan adanya perlambatan ekspor.

"Ya ada perlambatan ekspor, namun diharapkan dalam beberapa bulan ke depan kondisinya bisa lebih baik," kata Deddy.

Ia mencontohkan ekspor TPT juga mengalami penurunan, bahkan sejumlah industri memiliki jumlah stok yang lebih besar karena penyerapan pasar luar negeri juga mengalami perlambatan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,