Zaskia Adya Mecca, Mundur dari Sinetron PPT

Zaskia Adya Mecca, Mundur dari Sinetron PPT

Zaskia Adya Mecca (Foto: Okezone)

Pencinta sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) di SCTV  sudah setia mengikuti jalinan kisahnya yang diperankan pemain-pemain kawakan. Hingga kini telah memasuki bulan suci Ramadan 2015 masuk pada masa tayang yang ke 9 kalinya. Diepisode awal hari pertama Puasa, pemirsa masih menikmati kehadiran wajah cantik Aya istri Azam yang diperankan Zaskia Adya Mecca. Tetapi pada episode selanjutnya wajah Aya hilang tak pernah ada hingga nanti usai masa tayang Ramadan.
 
 
Adegan ibu-ibu yang hadir memprotes terhadap Azam yang tidak "menghargai" Aya, menyebabkan Azam harus minta maaf dengan cara mencium kaki Aya, konflik kecil ini rupanya adalah salah satu adegan terakhir Zaskia di PPT.  
 
Mengapa peran Aya ditiadakan? Padahal daya tarik sinetron PPT ini justru salah satunya mengandalkan kemesraan Aya dan Azam. Sejak awal hadir,  hingga memasuki 8 kali PPT, tak sekalipun Aya tidak hadir dalamscine-scine jalinan cerita. Barulah pada episode ke 9 ini Aya benar-benar mundur, sehingga pencinta PPT merasa kehilangan. Apakah akan pamit selamanya? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.
 
 
Pemilik sinetron PPT Deddy Mizwar  yang dikenal juga selaku Wakil Gubernur Jawa Barat saat ditemui CikalNews.com belum lama ini, sempat menyinggung PPT bahwa masih akan terus tayang. Tetapi pria yang akrab disapa Bang Haji dilingkungan PPT dan dikenal dengan panggilan Demiz bagi kalangan Gedung Sate ini tidak sampai detail membahas perihal PPT. Dia hanya mengatakan akan tetap tampil dengan catatan selama syuting sinetron reliji andalan SCTV yang disiarkan saat Sahur itu, dilakukannya setiap Sabtu dan Minggu sehingga tidak mengganggu tugas-tugas dan kewajibannya  sebagai Wagub Jabar.
 
“Ada yang berbeda tetapi masih tetap seru jalinan ceritanya, nonton saja,” kata Deddy Mizwar saat itu.
 
Tampaknya perbedaan yang mencolok adalah ketidak hadiran sosok Aya selama Ramadan ini (Hadir hanya satu episode). Dari hasil penelusuran CikalNews.com, Aya justru sudah memikirkan masak-masak dengan keputusannya untuk mundur dari PPT di tahun 2015 ini. Padahal, sepanjang PPT hadir menghibur pemirsa, baru kali ini Aya  absen.
 
Saat ditemui di Bandung pun  Zaskia tidak menyinggung soal pamitnya Aya dalam sinetron PPT, dia hanya berkisah bahwa keluarga adalah nomor satu baginya. Karena itu, meski sesibuk apapun Zaskia di lapangan, selalu akan memboyong kedua anaknya hasil pernikahannya dengan sutradara kondang, Hanung Bramantyo itu yang diberi nama Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo.
.
 Ketidakhadirannya di PPT saat ini, sebagai istri  tampaknya saatnya Zaskia ingin berbakti pada keluarga kecilnya. Khususnya atas permintaan sang suami dan demi kedua anak-anaknya. 
 
 
Perihal mundurnya Zaskia dari dunia akting tentu hanya bersifat sementara. Dengan alas an agar ia lebih menjalani ibadah Puasanya konsentrasi sahur dan berbuka bersama keluarga. Toleransinya sebagai istri rupanya sudah saatnya untuk memenuhi keinginan sang suami yang sepanjang usia pernikahan mereka, belum sekalipun Zaskia menjalankan sahur dan berbuka di rumah tetapi selalu dilokasi syuting. Maklum sinetron PPT adalah sinetron stripping alias kejar tayang.
 
Pernah, kisah Zaskia, ketika melahirkan anaknya yang kedua, tiga hari sesudah melahirkan normal, dia sudah harus berada  di lokasi syuting PPT, itu terjadi dua tahun silam.  Karena syuting harus terus berjalan dan tidak bisa tergantikan. Melihat kenyataan ini, betapa besar perhatian Zaskia untuk PPT.
 
“Sekarang saatnya saya berbakti, bulat sudah keputusan ini harus dilakukan, meski berat meninggalkan teman-teman kru dan pemain, tetapi ada yang mesti diutamakan,” demikian garis besar pernyataan Zaskia  pada sebuah wawancaranya yang lain.
 
Zaskia Adya Mecca memang termasuk artis yang biasanya bisa feksibel, tetapi dengan suami, sebagai istri, dia tahu diri. Pernah ada komitmen yang dia gantungkan bahwa sesibuk apapun keluarga adalah nomor satu. Sejak dinikahi sang sutradara, memang Zaskia kian cerdas memilih dan memilah pekerjaan yang dilakukannya. Seperti tetap main film, jadi bintang iklan, dan kehebatannya mendirikan bisnis hijab Zaskia Adya Mecca dengan nama Meccanism.
 
Bisnis hijab yang dibangunnya bersama sang kakak ini terbentang se Indonesia, ia membangun beberapa butik di berbagai kota di Indonesia termasuk Makassar, Bandung, Yogyakarta dan kota lainnya termasuk Jakarta.
 
 
“Ya saya sudah lama menyukai corat-coret desain, ini mimpi saya sejak lama dan alhamdulilah bisa diwujudkan dalam Meccanism,” kata Zaskia yang juga memiliki panggilan akrab Aya sesuai namanya di sinetron PPT.
 
Terjun ke dunia hiburan Indonesia, sejak dirinya terpilih sebagai Pemenang Model Kawanku sebagai juara II tahun 2001. Sejak saat itu Zaskia dilirik sebuah Production House untuk ikut membintangi sinetron “Senandung Masa Puber” dan “Cinta SMU”. Dia mulai mengenal dunia acting hingga akhirnya melebar kemana-mana.
 
 
Aktingnya di film dan sinetron pun tak bisa dipandang enteng, apalagi harus diragukan, karena  sejak membintangi dunia sinetron itu, tawaran film pun datang menyambangi. Yang paling menonjol saat membintangi film “Ayat Ayat Cinta”. Pergerakan aktingnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski filmnya belum terlalu banyak sekali namun eksistensinya di dunia akting tampak ditekuni serius dan tidak main-main. 
 
Belakangan ikut pula menjadi casting director untuk beberapa film garapan suaminya. “Ternyata berlakon dibalik layar juga mengasyikan, kepercayaan yang diberikan Mas Hanung untuk mengarahkan orang sesuai karakternya, saya benar-benar berterima kasih, kemampuan yang terselubung ini bisa diaktifkan dengan tantangan kepercayaan dari Mas Hanung, dan alhamdulilah apa yang saya pilih tidak meleset, banyak dari mereka pemain sangat menjiwai perannya,” ungkap Zaskia bahagia saat membahas perannya sebagai casting director.
 
 
Kini, saatnya menjadi istri yang setia sepanjang bulan suci Ramadan tahun ini dan hari-hari selanjutnya. Zaskia tidak ingin kehilangan momen meski sejengkal. Tentu saja dengan keputusan besarnya mundur dari PPT, sangat membahagiakan bagi dua gadis kecilnya dan keluarganya khususnya bagi suaminya yang sudah terbebas dari layanan asisten rumah tangga selama berbuka dan sahur.
Inilah untuk pertama kalinya Zaskia mendampingi sang suami saat berbuka dan sahur sepanjang pernikahannya.
 
“Sebenarnya saya udah tahu bahwa berbakti pada suami dan anak-anak itu ibadah, inilah saatnya membahagiakan keluarga dan diri sendiri,” ujar Zaskia mantab, seraya mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa mohon maaf lahir dan batin. (Ode)**  
 
 
Data Pribadi
 
Nama Lengkap : Zaskia adya Mecca
Nama Panggilan: Zaskia, Aya
Tempat tgl Lahir: Jakarta, 8 September 1987
Pendidikan: Fakultas Psycologi Universitas Paramadina Jakarta 2005-2009
Nama bisnis: Meccanism by Zaskia Adya Mecca
Nama Anak:  Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo
Nama Suami : Hanung Bramantyo
 
Discografi Film :
Ayat-ayat Cinta (2007)
Kun Fayakun (2008)
Doa Yang Mengancam (2008)
Menembus Impian (2010)
Sang Pencerah (2010)
Panik (Film Astro First)-(2014)
Hijab (2015)
Youtubers (2015)
 
Sinetron
Cinta SMU (2002-2005)
Senandung Masa Puber (2003-2004)
Kiamat Sudah Dekat
Munajah Cinta (2005-2006)
Habibi dan Habibah (2005-2006)
Kubersimpuh PadaMu /Jangan Ambil Nyawaku
Lorong Waktu (2006)
Para Pencari Tuhan Jilid 1-8
Aqso dan Madina (2008)
Dibalik Jilbab Zaskia (2009)
.

Categories:Sosok,
Tags:,