Perusahaan di Jabar Diimbau Gelar Mudik Gratis

 Perusahaan di Jabar Diimbau Gelar Mudik Gratis

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengimbau agar perusahaan seperti pabrik menyediakan fasilitas mudik gratis untuk karyawannya yang akan pulang ke kampung halamannya pada Lebaran 2014.

"Tapi kita imbau untuk pabrik atau kawasan untuk mudik gratis. Tahun ini tidak kita anggaran untuk mudik gratis, dua tahun sebelumnya memang ada," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Deddy Taufik di Bandung, Minggu (21/6/2015).

Menurut dia, tahun lalu saja pihaknya masih menyediakan ratusan bus gratis untuk melayani masyarakat yang hendak pulang kampung atau mudik Lebaran.

"Tapi untuk tahun ini tidak ada karena tidak dianggarakan. Dan ffasilitas mudik gratis oleh perusahaan tersebut bisa dianggarakan dari dana CSR-nya," kata dia.

Ia menuturkan, walaupun pihaknya tidak mengadakan mudik gratis tahun ini, Pemprov Jabar masih menyediakan mudik gratis yakni untuk PNS-nya.

Sementara itu, pihaknya memprediksi jumlah pemudik motor pada arus mudik tahun 2015 akan mengalami kenaikan sebesar lima persen.

"Kenaikan sebetulnya terus ada kenaikan dan sekarang diprediksi sampai dengan lima persen ada kenaikan. Dominasi tetap roda dua. Data pastinya masih kita hitung," kata dia.

Dikatakan dia, untuk mengantisipasi kemacetan dan membludaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor, pihak Kementerian Perhubungan telah memberikan solusi mengangkut pemudik motor dengan truk atau kereta api, bahkan dengan kapal laut.

"Kemarin dari Kemenhub, yang roda dua dari Jakarta diangkut pakai kapal laut dan itu cukup efektif," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,