Lenyapkan Sepeda Motor Contohlah Cina dan Jepang

Lenyapkan Sepeda Motor Contohlah Cina dan Jepang

Kemacetan arus lalulintas di Indonesia.(Net)

Jakarta Di negara-negara yang sistem transportasinya sudah maju seperti Jepang dan Cina misalnya, sudah tidak ada lagi sepeda motor yang berbahan bakar minyak yang beroperasi atau yang lalu lalang di pusat kota.
 
Ya, memang pengaturan lalu lintas khususnya untuk kendaraan roda dua tampaknya sudah harus dikelola lebih baik lagi. Misalnya, dengan diberlakukannya pelarangan berkendara roda dua di jalan-jalan yang sudah ditentukan. Hal tersebut seperti yang dilakukan Cina dalam mengatur pengendara sepeda motor.
 
Menurut salah seorang pengamat transportasi darat Djoko Setijowarno, "Yang ada di pusat kota tersebut adalah sepeda motor listrik, yang speed-nya 50 km per jam," kata Djoko di Jakarta. Dengan penanganan seperti itu, maka dampak kemacetan yang disebabkan oleh kendaraan roda dua akan menjadi berkurang, terutama di pusat-pusat kota di Indonesia.
 
di negara-negara yang transportasinya telah maju seperti Jepang dan Cina, penanganan kendaraan roda dua juga tidak langsung menghilangkan kemacetan di negara itu. "Masih macet, tetapi tidak semrawut, teratur, tetapi macetnya tidak separah Jakarta," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kesehatan,