Dua Desa Tenggelam Diterjang Banjir Bandang

Dua Desa Tenggelam Diterjang Banjir Bandang

Ilustrasi Banjir.

Gorontalo - Banjir bandang terjang dua desa masing-masing Iloheluma dan Tolango di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (22/6/2015).

Camat Anggrek, Muzakar Takaredas, mengatakan, banjir setinggi dua meter tersebut diperkirakan merendam 150 rumah di wilayah tersebut, areal persawahan hingga jalan utama.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi terjadi sejak siang hari, melanda wilayah tersebut.

"Meski saat ini ketinggian air mulai surut namun pemukiman warga masih digenangi air mencapai 1,5 meter," ujar Muzakir.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengerahkan bantuan personil dan makanan siap saji.

Bantuan utama yang diperlukan seperti perahu karet untuk evakuasi warga, selimut dan air bersih diharapkan segera disalurkan.

Mengingat banjir masih terjadi hingga malam hari dan dikhawatirkan curah hujan yang terus terjadi akan memicu naiknya ketinggian air.

Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran mengaku, telah memerintahkan aparat terkait dari BPBD ditambah personil bantuan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk mengerahkan bantuan evakuasi korban banjir.

"Kita berharap bencana ini tidak semakin parah, mengingat tanggul di Desa Tolango dilaporkan jebol menyebabkan banjir bandang," ujar Wabup. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,