Rika Rafika Tembus Nasional Lewat Stasiun TVRI

Rika Rafika Tembus Nasional Lewat Stasiun TVRI

Rika Rafika (ft Wa Ode)

Bandung- Ada pemandangan berbeda saat menyaksikan TVRI Pusat Jakarta belum lama ini. Stasiun pertama di Indonesia ini menampilkan acara Keroncong dengan bintang tamu di antaranya artis kondang Ratna Listy. Selain deretan nama-nama artis Indonesia, dari Bandung muncul nama penyanyi pop Sunda, Rika Rafika. 
 
Nama yang disebut terakhir ini memang untuk Kota Bandung dan Jawa Barat sudah tidak asing lagi, kiprahnya di dunia musik pop Sunda sudah malang melintang sejak lama. Albumnya pun sebagai eksistensi penyanyi yang tidak lahir karena karbitan sudah lama dibangun dan diakui keberadaannya. 
 
Muncul diacara Keroncong Kentemporer dilevel nasional memang tidak sembarang artis yang bisa dihadirkan. Mereka harus memiliki kemampuan dan komitmen tinggi terhadap profesinya. Menurut Ratna Listy, acara semacam itu kelihatannya asyik karena penyanyi yang tampil di sana harus mamiliki kemampuan ganda. Bisa menyanyi keroncong sekaligus ahli pada lagu-lagu tradisi daerahnya. 
 
"Saya bangga bisa tampil diacara Keroncong yang digagas TVRI, ini tidak mudah, karena selain menyanyi saya juga harus bisa menjadi host,  saat diberitahu saya memang cukup menyanyikan beberapa lagu, tetapi kesempatan menyanyi dan berkolaborasi dengan penyanyi lain, adalah kesempatan baik untuk mengangkat budaya Sunda tercinta, misi ini yang membanggakan, banyak penyanyi tetapi tidak semua memiliki kesempatan di level nasional," kata Rika Rafika mengambil intisari wawancanya melalui BBM dengan CikalNews.com baru-baru ini. 
 
Malam itu selain menyanyi keroncong dalam balutan lagu pop Sunda, Rika juga mendapat tugas sebagai pembawa acara. Dua buah lagu yang disenandungkan, "Lagu Gambang Semarang" dan "Kalangkang". Kelihatannya mudah, tetapi kekuatan dan kemampuan menyanyikan lagu keroncong tidak semua penyanyi bisa melakukannya. Dan Ratna Listy, Rika Rafika dan penyanyi lainnya telah membuktikannya. 
 
Adalah keterbukaan dan tak hanya memandang komersil acara yang mampu diterapkan dalam perjalanan karier musik pop Sunda yang dimiliki Rika Rafika membuat perempuan someah ini bisa berada diberbagai tingkatan dan strata popularitas. Sebagai penyanyi pop Sunda, Rika mampu membaca dampak dan efek positif yang akan diterimanya kemudian. Karena itu, dia kadang mampu meninggalkan faktor komersialisasi demi mengedepankan dampak yang diperoleh dari apa yang sudah dilakukannya. 
 
"Ya Kita harus bisa membaca situasi dan fleksibel, pada acara apa kita tampil, siapa yang tidak membutuhkan uang, hidup ini semua serba dihargai, tetapi kita juga tidak harus semua bisa dilakukan hanya karena uang, tampil diacara-acara sosial misalnya, kenapa tidak? Saatnya kita berbagi, apalagi tampil dihadapan anak-anak yatim, rasanya pada merekalah doa itu bisa tersampaikan tanpa pretensi apapun," kata Rika pada bagian wawancara yang lain.  
 
Artis pop Sunda yang tengah menggarap singel terbaru yang belum mau menyebutkan apa judulnya ini, selalu memiliki komitmen untuk kariernya di dunia pop Sunda. Dia sangat tahu kapan berbuat dan bertindak untuk kariernya di masa depan. Pengaruh manajemen yang didirikannya melalui RR Production telah  menyanggah dan mempertahankan popularitasnya. Bahwa semua harus terkonsep jika ingin siap tampil diberbagai kesempatan, sehingga begitu jalan. Semua sudah dipikirkan masak-masak. 
 
Ya hanya mereka yang memiliki konseplah yang bisa membaca situasi di tengah persaingan dunia musik yang cukup ketat. Dan Rika Rafika satu diantara yang bisa melewatinya. Wilujeng Rika! (Ode)**
.

Categories:Hiburan,
Tags:,