Sejak Beroperasi 30 Kecelakaan Terjadi di Tol Cipali

Sejak Beroperasi 30 Kecelakaan Terjadi di Tol Cipali

Bandung - Sedikitnya telah terjadi 30 kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cipali, sejak pertama kali dibuka untuk umum pada Minggu (14/6) hingga saat ini.
 
"Ternyata sekarang sudah ada 30 kejadian lalu lintas di sana (Jalan Tol Cipali), ada yang terjadi siang dan pagi hari serta malam hari," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Moechgiarto, usai bersilaturahmi dengan pimpinan DPRD Jawa Barat, di Bandung, Selasa (23/6/2015).

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cipali tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya reflektor hingga human error dari pengendara. "Rata-rata jenisnya kecelakaan tunggal. Mungkin si pengendara mengantuk lalu menabrak kendaraan yang ada di depannya," katanya.

Berdasarkan hasil evalusi yang dilakukan, katanya terdapat dua kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kilometer 94 Jalan Tol Cipali. "Sudah saya cek, hasil pemantauan kami persis di kilometer 94, memang ada dua kali kejadian. Dan memang kejadiannya pada malam hari, reflektor belum terpasang," katanya.

Untuk itu, pihaknya telah meminta kepada pengelola Jalan Tol Cipali agar memasang reflektor di beberapa titik untuk menghindari kecelakaan. "Itu sudah kita sampaikan ke pengelola jalan tol. Idealnya memang di semua titik ada. Lalu faktor human error karena mungkin jalannya mulus, panjang dan lurus, lalu kalau memaksanakan hendak mau minggir juga rest area-nya masih sedang diupayakan," tegasnya.

Kapolda memperkirakan, pembangunan rest area tipe A dan tipe B di Jalan Tol Cipali akan selesai pada H-7 Lebaran. "Mungkin H-7 sudah selesai rest area. Itu baru satu dan Insya Allah empat jalur mudik dan balik akan selesai. Dua tipe B dan dua tipe A. Tipe A ada pon bensin, tipe B tanpa pon bensin," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,