Dinas Penanggulangan Kebakaran Rutin Gelar Simulasi

Dinas Penanggulangan Kebakaran Rutin Gelar Simulasi

Petugas saat memberikan simulasi pemadaman sederhana di rumah tangga. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Bahaya kebakaran yang selalu mengintai di  musim kemarau ternyata bisa dicegah. Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung rutin menggelar simulasi pencegahan kebakaran, terlebih di musim kemarau.

Dalam simulasi biasanya petugas pemadam kebakaran mengajarkan pemadaman api secara sederhana, menggunakan karung basah hingga cara modern dengan apar.

Menurut instruktur simulasi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, M. Taufik, tidak semua jenis kebakaran mudah dipadamkan dengan air. Ada beberapa sumber api justru sulit mati jika disemprot air.

“Biasanya kebakaran dari bahan kimia, sulit dipadamkan dengan air. Sehingga perlu ditanggulangi dengan bahan kimia atau zat pemadam dari bahan kimia,” cetusnya saat ditemui di Jl. Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (23/6/2015).

Dalam simulasi di rumah tangga, petugas pemadam kebakaran sengaja memberikan simulasi sederhana saat terjadi kebakaran, yang diakibatkan dari kompor meledak di bagian dapur. Kompor meledak sangat fatal dan bisa menyebabkan kebakaran besar jika tidak langsung diantisipasi.

“Simulasi pemadaman dengan cara sederhana dengan karung basah sangat cocok dilakukan, jika terjadi kebakaran dari ledakan kompor. Makanya kita simulasikan cara tersebut,” tukasnya.

Simulasi seperti ini kerap dilakukan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, bersama dengan institusi pemerintah atau juga swasta. Baik simulasi pencegahan kebakaran atau evakuasi korban kebakaran. Simulasi evakuasi biasanya dilakukan bekerjasama dengan hotel, apartment yang memiliki gedung tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,