Lagi, 400 ha Padang Savana Bromo Terbakar

Lagi, 400 ha Padang Savana Bromo Terbakar

400 ha Padang Savana Bromo Terbakar

Malang - Padang savana di sekitar Gunung Bromo kembali terbakar sejak Senin, 20 Oktober 2014 dan baru padam Kamis dini hari. Kebakaran pekan ini mengakibatkan savana seluas sekitar 400 hektar lebih terbakar.
 
Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari, kebakaran tahun ini merupakan yang terbesar, karena kebakaran sebelumnya tidak sampai merembet ke kawasan Bukit Teletubies. "Kerugian mencapai Rp 15 juta per hektar dihitung dari biaya konservasi kawasan. Belum lagi kerugian flora dan fauna serta karbon yang dilepas," kata Ayu, Jumat (24/10/2014).
 
Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTN BTS) bersama masyarakat dan aparat terkait kewalahan memadamkan api, dan berusaha memadamkan api di kawasan yang bisa dijangkau. Pengendalian api dilakukan dengan pembuatan sekat bakar dan memadamkan api secara manual.
 
Kebakaran ini juga menyebabkan kerugian secara ekologis, karena menghanguskan satwa penghuni savana beserta sarang dan anak-anak mereka. Tumbuhan seperti pakis, alang-alang (Imperata cylindrica), melelo (Styphelia javanica), dan adas (foeniculum vulgare) juga turut hangus. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,