Jalur Selatan Mulai Diperbaiki

Jalur Selatan Mulai Diperbaiki

Bandung -  Jalur selatan Jabar yakni Bandung - Nagreg - Malangbong - Tasikmalaya - Jateng mulai diperbaiki untuk persiapan jalur mudik Lebaran 2015.

Perbaikan jalan dilakukan di sejumlah titik baik di wilayah Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya maupun Ciamis.

"Sudah ada sepekan dilakukan perbaikan di sini, fokusnya penebalan lapisan aspal," kata Denny, salah seorang pekerja penebalan aslal di Tanjakan Malangbong Kabupaten Garut, Rabu (24/6/2015).

Denny bersama sejumlah pekerja lainnya mulai meratakan jalur aspal yang bergelombang di jalut tanjakan yang menuju perbatasan Kabupaten Tasikmalaya itu.

Empat unit alat berat dikerahkan untuk melakukan penebalan aspal itu. Untuk sementara arus lalu lintas di jalur itu harus dilakukan tutup buka sehingga terjadi antrian cukup panjang di kawasan tanjakan yang cukup terjal itu.

Perbaikan juga dilakuka di sepanjang Jalan Ciawi di Kecamatan Jamanis. Jalan yang berlubang mulai ditambal dan diperbaiki.

Sedangkan di jembatan menjelang Cimekar, dilakukan pelebaran jalur jalan bagian kiri dan kanannya untuk memungkinkan kendaraan lebih leluasa saat berpapasan.

"Pelebaran ruas jalan dilakukan sekitar 75 centimeter, sehingga pada saat kendaraan, khususnya kendaraan ukuran lebar bisa lebih leluasa," kata Ruddy, pengawas proyek di lokasi Jalan Jamanis itu.

Ia menyebutkan, karena lebar jalan yang kurang itu, dalam beberapa kasus persilangan kendaraan besar terpaksa sebagian bannya harys ke bahu jalan yang tidak beraspal.

"Dengan pelebaran ini maka lebih nyaman saat berpapasan, selain itu juga bisa lebih lelusa untuk menyalip," katanya.

Sementara itu ruas jalan dari Banjar hingga Bandung masih ada beberapa ruas yang rusak, namun sudah dilakukan persiapan perbaikan dengan target tuntas sebeluy H-7 Lebaran.

Sedangkan di kawasan jalur Nagreg - Cicalengka, saat ini ada perbaikan jalan di kawasan Tanjakan Nagrog. Pembetonan dilakukan mulai dari gerbang Batalyon 330 Raider hingga ke turunan Nagrog.

Namun demikian pembetonan itu baru dilakukan saru arah yakni untuk arus lalu lintas dari arah Garut menuju Bandung, sedangkan dari Bandung ke arah Garut belum dibeton.

"Bagi pengendara yang melintas di jalur ini harus berhati-hati karena ada perbedaan ketinggian jalan yang dibeton dengan yang tidak setinggi 50 centimeter. Khususnya bagi pengendara sepeda motor," kata Maman, salah seorang warga di kawaan Jalan Nagrog itu.

Saat ini di lokasi itu petugas hanya menempatkan beton pembatas yang dipasangi plastik berwarna kuning dan hitam.

Namun secara keseluruhan jalur selatan Jabar cukup mulus dan nyaman untuk dilintasi pemudik Lebaran 2015.

Di sisi lain beberapa rumah makan juga melakukan persiapan untuk menyambut musim Lebaran. Mereka menyiapkan areal istirahat dengan menambah pengerasan areal parkir masing-masing.

Beberapa rumah makan bahkan memperlebar ruang istirahatnya dengan harapan bisa menambah kapasitas kendaraan yang bisa parkir di lokasi itu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,