Polda Jabar Terapkan Sistem Pagar Betis di Pantura

 Polda Jabar Terapkan Sistem Pagar Betis di Pantura

Ilustrasi Foto - Net

Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan menerapkan sistem pagar betis selama arus mudik dan balik Lebaran 2015/1436 Hijriah di Jalur Pantura sebagai upaya untuk mengurai kemacetan.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya sistem Pagar Betis ini bisa kami terapkan," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Moechgiyarto usai Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2015, di Aula Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (24/6/2015).

Selain itu, lanjut Kapolda, sebanyak 30.192 aparat gabungan siap mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2015 di wilayah Jabar, dari H-7 hingga H+7 lebaran.

"Jadi personel yang akan disiapkan itu sebanyak 30.192 orang. Itu sudah termasuk TNI, Pemda dan tokoh masyarakat yang peduli keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Moechgiyarto.

Menurut dia, seluruh personel gabungan tersebut akan ditempatkan di jalur-jalur yang digunakan sebagai arus mudik dan balik lebaran.

Sementara itu, Asops Kodam II Siliwangi Kolonel Inf Sachono dalam paparannya mewakili Pangdam III/Siliwangi mengatakan untuk TNI setidaknya ada sebanyak 12.285 personel yang disiagakan dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2015.

"Jadi ada tiga korem yang terlibat, dengan jumlah Kodim yang masuk wilayah Jabar sebanyak 18," kata Sachono.

Ke-12.285 personel yang disiapkan tersebut, katanya, terdiri dari 6.850 orang dari 18 Kodim, 3.100 personel Satpur/Banpur dan cadangan dari Kodam III/Siliwangi sebanyak 2.335 personel.

"Untuk protap pengerahan pasukan dibagi dalam tiga situasi yakni situasi normal, diatas normal dan kontigensi. Pada dasarkan Kodam III Siliwangi siap mengamankan momen Lebaran tahun ini," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,