TKI Perlu Dibekali Pelatihan Bahasa Asing

TKI Perlu Dibekali Pelatihan Bahasa Asing

Kadisnakertrans Jabar, Hening Widiatmoko. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko menegaskan bahwa saat ini TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Jawa Barat membutuhkan pelatihan bahasa yang masif apalagi menghadapi era MEA 2015 akhir. Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang sangat efektif dipelajari jika ingin bekerja di beberapa negara di Asia Timur dan Asia Tenggara.

 

Menurut Hening Widiatmoko, perlunya pelatihan bahasa bisa dijadikan peluang oleh pemerintah untuk membuka kursus bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

 

“Bahasa Inggris ini sangat penting sebagai standar kompetensi tenaga kerja terlebih di era MEA. Jika seorang tenaga kerja Indonesia mempunyai kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata itu sudah pasti mudah bekerja baik di negara Asean atau di luar itu,” ucap Hening Widiatmoko usai acara pengukuhan Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Jl. Diponegoro. No. 22, Kota Bandung, Rabu (24/6/2015).

 

Selain bahasa Inggris, bahasa Jepang juga sangat penting dipelajari untuk mendukung dunia karier bagi tenaga kerja di Jawa Barat.

 

“Contoh saja yang ikut program pemagangan di Jepang selama 3 tahun, begitu pulang ke Indonesia mereka sudah mahir bahasa Jepang, dan terbiasa bekerja dengan budaya Jepang. Orang yang seperti itu gampang cari kerja dan siap pakai di perusahaan Jepang, karena budaya kerja di Jepang lebih ulet, rajin dan gigih,” paparnya.

 

Kemampuan menggunakan bahasa asing untuk komunikasi dinilai masih kurang bagi tenaga kerja Indonesia asal Jawa Barat,  dengan era MEA ini sebaiknya tenaga kerja dibekali dengan berbagai kursus bahasa asing seperti ; Inggris, Mandarin, Jepang, Thailand, dan Filipina, kursus ini sangat diperlukan jika para tenaga kerja kita akan mencari peruntungan di beberapa negara Asia Tenggara.(Ode)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,