Kalau Pasien RSJ Ikut Berbagai Lomba

Kalau Pasien RSJ Ikut Berbagai Lomba

Peringati Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2014

Magelang  - Ratusan penyandang schizophrenia pasien di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo, Kota Magelang, Jawa Timur mengikuti lomba membatik dan melukis untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2014.

Menurut Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soerojo, Bambang Prabowo di Magelang, Jumat (24/10) kegiatan ini sebagai salah satu terapi psikososial bagi penyandang schizophrenia. Schizophrenia adalah penyakit yang mengganggu kejiwaan dan mental seseorang.

"Jika mereka terus dilatih akan berperilaku seperti biasa dan lebih tenang. Dengan aktivitas membatik dan menggambar, aktivitas ini bisa membantu pemulihan secara psikologis," katanya.

Aktivitas yang mengasah keterampilan, lanjutnya seperti fun game, olahraga, melukis, dan membatik akan membantu memulihkan kepercayaan diri mereka untuk kembali diakui masyarakat. "Mereka akan menjadi lebih percaya diri dan kami sesuaikan kegiatan ini sesuai minat dan bakatnya," katanya.

Disebutkan, para penyandang schizophrenia memang terganggu jiwanya tapi tidak kecerdasannya. "Terbukti ketika saya mengikuti puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2014 di Jakarta, ada dua narasumber yang bergelar insinyur dan ahli teknologi informasi adalah penyandang schizophrenia," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,