Awas Penyakit Musim Kemarau Mengintai

Awas Penyakit Musim Kemarau Mengintai

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung -  Musim kemarau menjadi awal berkembangnya masalah pada tubuh bagian dalam. Terutama pada paru- paru, lambung, dan tenggorokan. Bagian tersebut merupakan saluran yang sangat membutuhkan kadar air dan suhu yang lembab. Dr Rudi Wicaksono, spesialis penyakit dalam menuturkan, bahwa penyakit yang paling sering diderita saat musim kemarau adalah diare, influenza, penyakit kulit dan sakit mata.
 
“Karena kurang hujan, banyak debu di udara sehingga merangsang sistem pernafasan kita, sehingga mudah terkena infeksi,” ujar Dr Rudi saat ditemui di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Gedung Instalasi Penyakit Dalam, Jumat (26/6/2015).
 
Ia menyebutkan, untuk diare karena penderita akan kekurangan cairan sebaiknya mengganti cairan tersebut dengan minum yang teratur, dan sebaiknya tidak menggunakan antibiotik tapi yang paling penting mengganti cairan
.
“Kalau sekarang banyak minuman yang mengandung elektrolit, yang biasanya digunakan untuk olahraga itu bagus untuk mengganti cairan diare,” ungkapnya.
 
Sedangkan untuk influenza, walaupun ada vaksin influenza yang berlaku untuk setahun tetapi  untuk tahun berikutnya bisa terkena influenza kembali, pasalnya virus influenza ini berubah-berubah setiap tahunnya.
 
Rudi menyebutkan, yang rentan terkena penyakit adalah anak-anak dan orang tua karena daya tahan tubuhnya yang sudah kurang, sedangkan untuk remaja dan orang dewasa mereka selalu fit dan kekebalan tubuhnya tidak lemah.
 
“Apalagi yang mempunyai penyakit diabetes, ginjal, dan AIDS harus lebih diperhatikan kebersihan makanan yang masuk, karena daya tahan tubuh yang rendah sehingga rentan terkena penyakit,” 
 
Walaupun panas siang hari tidak seperti negara-negara lain yang sampai menelan korban untuk di Bandung , Dr Rudi mengimbau untuk menggunakan pakaian yang longgar dan warna yang lebih terang. (AY)
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:kesehatan,