Perusahaan di Cimahi Harus Daftar ke BPJS

Perusahaan di Cimahi Harus Daftar ke BPJS

Ilustrasi Foto - Net

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi mendesak setiap perusahaan untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kesehatan sesuai undang-undang nomor 40 Tahun 2004.

"Daftar BPJS ini menjadi salah satu kewajibaan yang harus dipenuhi perusahaan kepada para pekerjanya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial Kota Cimahi Benny Bachtiar di Cimahi, Jumat (26/6/2015).

Ia mengatakan, ada 556 perusahaan di Kota Cimahi, tetapi hanya 360 perusahaan yang sudah daftar BPJS atau sekitar 60 persen pekerja dari 78 ribuan pekerja yang sudah terdaftar BPJS.

Menurut dia, angka tersebut menjadi perhatian serius pemerintah untuk menggenjot perusahaan agar melakukan kewajibannya itu.

"Saya kira masih banyak yang mesti diselesaikan makanya perlu ada evaluasi agar ada kesepahaman sehingga perusahaan melaksanakan apa yang diamanatkan undang-undang," katanya.

Ia menegaskan, sesuai aturan bahwa perusahaan sudah harus mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan 1 Juli 2015.

Jika belum melaksanakan kewajibannya sampai tanggal yang ditentukan itu, kata dia, maka tim pengawas BPJS akan mendesak kemudian memberi sanksi kepada perusahaan karena tidak mematuhi amanat undang-undang.

"Kami akan menekan bahwa mereka mesti mengikut sertakan semua pekerjanya di BPJS," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,