Argentina ke Semifinal Copa America Usai Menang Penalti 5-4

Argentina ke Semifinal Copa America Usai Menang Penalti 5-4

Penyerang Argentina, Lionel Messi

Jakarta - Tim nasional Argentina melenggang ke partai semifinal Copa America 2015 setelah mengalahkan timnas Kolombia dalam laga perempat final yang harus ditentukan dengan adu penalti pada Sabtu (27/6/2015) pagi WIB.

Pada laga yang dihelat di Estadio Sausalito, Viña del Mar tersebut, Argentina memenangi adu penalti dengan skor 5-4 setelah lima dari tujuh algojo mereka menuntaskan pekerjaannya dengan baik, yaitu Messi, Garay, Banega, Lavezzi dan Tevez.

Penendang kelima Lucas Biglia dan eksekutor keenam Marcos Rojo, gagal menggetarkan gawang lawan.

Sementara di kubu Kolombia, penendang keempat Muriel, keenam Zuniga dan algojo ketujuh Murillo, gagal menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Sepanjang 90 menit pertandingan, statistik dari laman Copa America mencatat, Argentina unggul penguasaan bola hingga 61 persen dan membukukan enam kali tendangan tepat sasaran, sedangkan Kolombia hanya melakukannya satu kali.

Argentina mengkreasikan peluang pertama pada menit ke-6 lewat tandukan Marcos Rojo. Namun umpan hasil sepak pojok Angel Di Maria itu, melambung tipis di atas mistar gawang.

Kiper Kolombia melakukan penyelamatan ganda terhadap upaya Messi dan Aguero pada menit ke-25. Berawal dari umpan silang Javier Pastore, Aguero melesakkan tendangan dari depan mulut gawang namun berhasil dihalau David Ospina dengan kaki kirinya.

Bola pantulan yang masih berada di dalam kotak penalti, dimanfaatkan Messi lewat tandukan kepalanya, tetapi Ospina kembali bangkit dan menepis si kulit bundar.

Bek Kolombia Cristian Zapata nyaris mencetak gol bunuh diri saat mengantisipasi umpan silang Di Maria pada menit ke-38. Zapata menendang bola ke arah gawang timnya tepat dari depan mulut gawang dan berhasil diamankan Ospina. Skor kacamata pun bertahan hingga istirahat turun minum.

Beranjak ke babak kedua, Argentina kembali medominasi penguasaan bola dan menciptakan sejumlah peluang emas. Salah satunya pada menit ke-80 lewat tendangan Nicola Otamendi yang membentur tiang gawang usai dihalau Ospina.

Hingga laga 90 menit berakhir, tak satu pun gol tercipta. Laga langsung dilanjutkan ke babak adu penalti yang dimenangkan Argentina dengan skor 5-4.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir laman Copa America 2015:

Argentina: 1. Sergio Romero ; 4. Pablo Zabaleta, 17. Nicola Otamendi, 2. Ezequiel Garay, 16. Marcos Rojo;  6. Lucas Biglia, 14. Javier Mascherano, 21. Javier Pastore; 10. Lionel Messi, 11. Sergio Aguero, 7. Ángel Di Maria.
Pelatih: Gerardo Martino

Kolombia: 1. David Ospina; 2. Cristian Zapata, 22. Jeison. Murillo, 18. Juan Zuniga, 4. Santiago Arias; 10. James Rodríguez, 15. Alexander Mejia, 16. Victor Ibarbo, 11. Juan Cuadrado; 19. Teofilo Gutierrez, 21. Jackson Martinez.

Pelatih: Jose Pekerman,(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,