Tiongkok Timur Terancam Banjir Besar

Tiongkok Timur Terancam Banjir Besar

Hefei - Hujan lebat mengguyur Provinsi Jiangsu dan Anhui di Tiongkok Timur pada Jumat (26/6/2015) dan Sabtu (27/6/2015), sehingga air sungai dan bendungan meningkat dan membuat pemerintah mengeluarkan peringatan siaga banjir.

Dari Sabtu hingga Minggu (28/6/2015) WIB, hujan lebat mengguyur Anhui, dan lebih dari 50 tempat pemantau melaporkan curah hujan mencapai 100 milimeter atau lebih. Air di sebanyak 250 bendungan meningkat, kata Markas Pemantau Banjir Provinsi.

Puncak ketinggian air Sungai Chuhe, anak Sungai Yangtze --sungai terpanjang di Tiongkok, diramalkan terjadi pada Minggu dini hari waktu setempat di Xianghekou, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Ahad siang. Sungai tersebut juga diperkirakan menghadapi puncak ketinggian air di Chaheji pTiongkok Timur Terancam Banjir Besarada pukul 06.00 waktu setempat Ahad, dan ketinggian air diperkirakan mencapai 11 meter, atau satu meter di atas ambang batas.

Permukaan air di Sungai Huaihe diperkirakan melampaui ambang batas dalam tiga hari ke depan, sementara curah hujan mencapai lebih dari 100 milimeter.

Hujan lebat juga mengguyur Jiangsu, dengan ketinggian air mencapai tingkat tertinggi di beberapa aliran air.

Hujan lebat mempengaruhi lebih dari 60.000 warga di Kota Changzhou di Jiangsu, dengan banjir mencapai ketinggian 30 centimeter sampai dua meter di beberapa daerah. Pemerintah kota tersebut mengumumkan Kondisi Siaga I.

Sekolah diperintahkan menghentikan kegiatan belajar-mengajar mulai Ahad sampai 1 Juli di Changzhou.

Ribuan orang telah bergabung dalam upaya pencegahan banjir. Dinas pemantau banjir di kedua provinsi itu telah memerintahkan pembangkit listrik tenaga air untuk meningkatkan pembuangan air dan melakukan tindakan lain untuk mencegah banjir. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,