IKAPPI KBB Desak Pemda Bangun Pasar Darurat

 IKAPPI KBB Desak Pemda Bangun Pasar Darurat

Ilustrasi pasar darurat.(Net)

Bandung - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendesak pemerintah daerah untuk membangun pasar darurat bagi pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Panorama, Lembang, agar pedagang tetap bisa berjualan untuk mendapatkan penghasilan.

"Pemerintah harus segera membuat pasar darurat agar kehidupan ekonomi para pedagang yang menjadi korban kebakaran bisa kembali tumbuh," kata Ketua DPD IKAPPI KBB Armamento Barani Zebua kepada wartawan, Minggu (28/6/2015).

Ia menuturkan, kebakaran melanda pasar terbesar di Kecamatan Lembang, 5 Mei 2015 itu telah menimbulkan kerugian materi para pedagang yang cukup besar.

Pemerintah, lanjut dia, harus bergerak cepat dengan membangun pasar darurat sebagai solusi bagi pedagang agar dapat berjualan dengan nyaman selama proses pembangunan Pasar Panorama selesai.

Ia berharap, pemerintah melibatkan perwakilan pedagang dalam menentukan lokasi pembangunan pasar darurat serta diharapkan tidak ada pungutan biaya.

"Mereka adalah korban kebakaran, jadi pemerintah mesti membebaskan dari biaya apapun," katanya.

Pihaknya mengingatkan pemerintah daerah agar saat pendataan dilakukan dengan benar dan akurat agar seluruh korban kebakaran terakomodasi seluruhnya untuk mendapatkan tempat berjualan di pasar.

IKAPPI juga, kata Armamento, siap mengawal proses perpindahan pedagang ke pasar darurat sampai kembali menempati Pasar Panorama baru.

"IKAPPI akan mengawal proses kepindahan pedagang agar pedagang ini benar-benar mendapatkan tempatnya untuk berjualan," katanya.

Ia mengajak seluruh pihak terkait dalam pembangunan pasar dapat berkoordinasi dengan pedagang untuk menghindari dampak yang dapat merugikan pedagang.

"Kami harap pembangunan pasar tidak merugikan pedagang seperti menentukan tempat maupun penentuan tarif dan harga kios," katanya.(AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,