Penyerang Masjid Syiah di Kuwait 'Warga Arab Saudi'

Penyerang Masjid Syiah di Kuwait 'Warga Arab Saudi'

Pihak berwenang Kuwait mengatakan pelaku serangan di Masjid Syiah pada hari Jumat lalu (26/06) adalah seorang warga negara Arab Saudi.
 
Kementerian Dalam Negeri mengatakan nama orang yang diduga melakukan serangan bom bunuh diri adalah Fahd Suleiman Abdulmohsen al-Qaba'a.
 
Disebutkan warga negara Arab Saudi itu terbang ke Kuwait pada hari Jumat, hanya beberapa jam sebelum ia meledakkan bom di Masjid Imam Sadiq yang menewaskan sedikitnya 27 orang dan melukai lebih dari 200 orang.
 
Tersangka, kata para pejabat, berada di Kuwait secara gelap.

Korban serangan bom bunuh diri dilarikan ke rumah sakit-rumah sakit di ibu kota Kuwait. Masjid Imam Sadiq mengalami kerusakan berat akibat diguncang ledakan dan kini keamanan diperkatat.

Beberapa orang telah ditangkap terkait serangan, termasuk pemilik dan pengemudi kendaraan yang digunakan oleh pelaku pengeboman ke masjid yang menjadi sasaran serangan.
 
Aparat keamanan juga menangkap pemilik rumah yang dilaporkan dikunjungi oleh pengebom bersangkutan.
Kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS -yang menganggap ajaran Syiah menyimpang- mengaku berada di balik serangan.
 
Kelompok tersebut sebelumnya juga mengaku melancarkan serangan serupa di Arab Saudi dan Yaman seperti dilansir BBC.(Ode)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,