Dana Aspirasi Bermanfaat untuk Daerah

Bandung - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra Syahrir menyatakan usulan dana aspirasi yang diajukan oleh DPR RI ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 akan bermanfaat untuk daerah.

"Saya menilai dana aspirasi itu akan bermanfaat bagi daerah karena dengan adanya dana tersebut, aspirasi masyarakat akan terealisasi ke dalam program pemerintah," kata Syahrir yang juga menjabat seagai Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, di Bandung, Senin (29/6/2015).

Ia optimistis, dengan adanya usulan dana aspirasi sebesar Rp20 miliar untuk setiap anggota DPR per tahunnya itu malah akan membantu pembangunan di daerah tertinggal.

"Saya pikir manfaatnya jelas ada, selama tidak tumpang tindih. Selama ini, setiap melakukan kunjungan ke daerah, anggota dewan selalu diminta masyarakat untuk merealisasikan aspirasi mereka," kata dia.

Namun, kata dia, akibat keterbatasan anggaran pemerintah daerah maka keinginan masyarakat tersebut belum tentu terealisasikan.

"Setiap kami datang ke daerah, warga selalu menanyakan aspirasinya yang ingin direalisasikan," katanya.

Ia menyontohkan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak memungkinkan semua aspirasi warga tekabul.

"Untuk di Jabar juga terbatas. Pembangunan fisik belum semuanya," kata dia.

Ketika ditanyakan apakah anggota dewan akan mampu mengelola dana aspirasi tersebut, Syahrir meyakini setiap anggota dewan akan mampu mengelola karena dana tersebut tidak akan dikelola masing-masing anggota dewan namun disalurkan melalui dinas pemerintahan di masing-masing kabupaten/kota.

"Mekanisme pencairannya tidak diberikan langsung ke anggota dewan. Tapi dari pusat ke dinas kabupaten/kota. Usulan dari masyarakat melalui anggota dewan, nanti uangnya dicairkan," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,