PPDB Kota Bandung Tetapkan Tiga Passing Grade

PPDB Kota Bandung Tetapkan Tiga Passing Grade

Bandung -  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung dalam penerimaan siswanya, bakal ada tiga passing grade. Bukan hanya itu, tahun ini sekolah yang akan menentukan jumlah kuota penerimaan siswa baru.
 
"Nantinya akan ada tiga passing grade siswa dalam penetapan diterima tidaknya siswa di sekolah. Yakni passing grade untuk siswa Dalam Wilayah, Luar Wilayah dan Luar Kota, sesuai dengan juknisnya,” kata Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan,  Senin (29/6/2015) sore.
 
Dalam juknis sendiri diatur jika sekolah akan menentukan jumlah kuota yang akan diterima di jalur akademis PPDB ini, yakni melihat dari lokasi tempat tinggal siswa. Jadi sudah ada pembagiannya. "Siswa yang jarak sekolahnya sampai dengan 2 km dari sekolah, masuk kategori dalam wilayah, dan yang tidak sewilayah (kecamatan/desa) namun berjarak 2 km dari sekolah, masuk ke dalam wilayah juga,” tuturnya.
 
Sementara itu , siswa dalam wilayah akan dikompetisikan oleh sekolah untuk memenuhi kuotanya. Namun jika ternyata tidak lolos tapi dia merupakan warga daerah itu,  maka akan kembali dikompetisikan di ring dua yakni kategori luar wilayah. 
 
"Misalnya dalam wilayah hanya menerima 100 orang, namun yang daftar di dalam wilayah ada 120, maka yang 20 orangnya yang tidak lolos di dalam wilayah akan kembali dikompetisikan di luar wilayah. Passing grade berikutnya Luar Kota.  Ini adalah siswa yang berasal dari luar Kota Bandung dan kuotanya hanya 10 persen,” paparnya.
 
Iwan mengatakan, dengan adanya aturan ini maka FAGI mengimbau agar semua sekolah transparan dalam mengumumkan jalur yang akan diterima di sekolah itu. 
 
"Karena memang tidak ada klausul agar sekolah mengumumkan secara transparan kuota siswa yang akan diterima. Padahal masyarakat perlu tahu berapa kuota siswa untuk penerimaan jalur dalam wilayah, luar wilayah dan luar kota,” tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,