PPDB Akademis Kemungkinan Tambah Kuota

PPDB Akademis Kemungkinan Tambah Kuota

Bandung - Membludaknya jalur afirmasi (tidak mampu) mendesak Pemerintah Kota Bandung, segera membuat formulasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wakil Walikota Bandung Oded M Daniel mengungkapkan, salah satu cara yakni dengan membuka kuota baru di sekolah negeri untuk jalur akademis, atau menyalurkannya ke sekolah swasta.
 
“Meski demikian pemkot harus melihat kenyataan di lapangan, karena hampir sebagian besar siswa yang mendaftar itu membawa SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Nah kalau sudah begini siapa yang harus disalahkan,” ujarnya yang ditemui di Balikota, Senin (29/6/2015).
 
Ia menegaskan, jika membludaknya jalur afirmasi memang menjadi salah satu permasalahan baru dalam dunia pendidikan,  terutama di masa penerimaan peserta didik baru (PPDB). Jika kuota afirmasi membludak menjadi 38 persen di sekolah negeri, pihaknya segera membentuk formulasi untuk bisa menerima siswa itu.
 
"Apakah nantinya ditambah kuota untuk jalur akademis karena terambil non akademis, atau kita salurkan yang afirmasi itu sebagian ke sekolah swasta,” paparnya.
 
Namun ia berharap, jangan sampai siswa yang ada di Kota Bandung itu tidak sekolah, “Jadi yang penting kita pikirkan bagaimana agar siswa itu tidak sampai putus sekolah. Nanti kami segera melakukan rapat pleno lagi untuk menentukan formulasinya yang tepat,” terangnya.
 
Oded juga mengancam para orangtua yang mendaftar jalur afirmasi agar tidak coba-coba menggunakan SKTM, padahal ia tergolong mampu. “Itu doa bisa menjadikan orang sengsara, kalau ternyata SKTM-nya bohong. Kami terus melakukan klarifikasi ke semua pihak, meski faktanya akan sulit memperifikasi 10 ribu siswa dalam beberapa hari selain patokannya SKTM,” tuturnya.(Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,